Menyoal “trend” Sai Baba

sathyasaibaba.jpgMenyoal “trend” Sai Baba

Oleh: Arif Rahman Hakim, Lc. Dipl.*

I am God. And you too are God. The only difference between you and Me is that while

I am aware of it, you are completely unaware.” –Sathya Sai Baba-

Ada dua alasan yang cukup krusial kenapa penulis ingin mengangkat mengenai Sai Baba sebagai pokok basahan tulisan singkat ini. Pertama, karena munculnya buku “Dajjal ‘Sudah’ Muncul Dari Khurasan” yang bisa disebut best seller, karena hanya dalam waktu empat bulan saja, di Indonesia buku terjemahan ini sudah mencapai cetakan keenam. Buku tersebut ‘memvonis’ Baghawan Sathya Sai Baba sebagai Dajjal yang disebutkan dalam hadits-hadits Nabi Saw., yang muncul sebagai salah satu dari 10 rangkaian major signs Hari Kiamat. Karena penulis buku tersebut berasumsi bahwa sifat-sifat Dajjal yang disebutkan hadits-hadits tersebut terdapat pada Sai Baba. Mulai dari pengakuan dirinya sebagai tuhan sampai kelebihan-kelebihan supranatural yang dimilikinya, yang oleh para pengikutnya dianggap sebagai mukjizat. Kedua, begitu banyaknya pengikut Sai Baba. Ini bisa dilihat dari terdapatnya Organisasi Sri Sathya Sai di 167 negara di dunia. Tidak hanya itu, pengikutnya pun berasal dari berbagai agama baik itu islam, kristen, hindu, budha dan lainnya. Dari dua alasan itulah penulis merasa tertarik untuk mengulas secara singkat mengenai Sai Baba ini.

Sai Baba ini ternyata bukanlah yang pertama. Ia merupakan Sai Baba yang kedua, di mana menurut keterangan Sai Baba yang sekarang ini, ada tiga serangkai Sai Baba atau yang disebut sebagai The Triune Sai Avatar. Sai Baba yang pertama atau yang disebut dengan Shirdi Sai Baba lahir pada tahun 1835 dan meninggal pada tahun 1918. sama halnya dengan Sathya Sai baba, Shirdi Sai Baba pun mengaku dirinya adalah jelmaan tuhan (avatar) dan mempunyai kelebihan-kelebihan supranatural. Seperti menyembuhkan orang yang buta, sakit, dan kelebihan lainnya. Sehingga ia pun mempunyai pengikut yang banyak saat itu. Sebelum meninggalnya, Shirdi Sai Baba pernah berkata kepada para pengikutnya, bahwa setelah supreme-being (tuhan) meninggalkan jasadnya, suprime-being tersebut akan menjelma kembali, 8 tahun setelah kematiannya. Maka ketika Shirdi Sai Baba meninggal pada tahun 1918, 8 tahun setelahnya atau tepatnya pada tahun 1926 lahirlah Sathya Sai Baba yang dianggap sebagai avatar yang kedua. Sama halnya dengan Shirdi Sai Baba, Sathya Sai Baba pun mengatakan kepada para pengikutnya, bahwa setelah dirinya meninggal, tuhan yang ada pada dirinya akan menjelma kembali 8 tahun setelah kematiannya. Ia pun menerangkan bahwa tuhan akan meninggalkan jasadnya ketika dirinya mencapai usia 96 tahun.

Sai Baba sendiri menerangkan bahwa tujuan dari adanya triple inkarnasi ini adalah, bahwa inkarnasi yang pertama, ketika tuhan menjelma pada diri Shirdi Sai Baba adalah tuhan ingin mengumumkan kepada manusia mengenai tugas yang harus dilakukannya. Inkarnasi yang kedua yaitu ketika tuhan menjelma pada diri Sathya Sai Baba bertujuan untuk memberitahukan kepada manusia bahwa tuhan bisa bangkit pada diri siapa saja. Dan inkarnasi yang ketiga yaitu pada diri Prema Sai Baba yang akan datang adalah untuk memberitahukan kepada manusia bahwa tuhan tidak hanya bisa bangkit pada diri siapa saja, tetapi juga ingin memberitahukan bahwa setiap orang adalah tuhan.

Perkataan Sai Baba tersebut bersandar kepada diskursus Shiva Shakthi, 6 Juli 1963 yaitu obrolan yang terjadi antara Dewa Shiva, Dewi Shakthi dan Bharadwaja setelah ia melakukan ritual khusus. Dewa Shiva menerangkan bahwa dirinya sendiri akan menjelma pada diri Shirdi Sai Baba, kemudian setelah itu Shiva dan Shakthi, mereka berdua akan menjelma pada diri Sathya Sai Baba dan terakhir Shakthi sendiri akan menjelma pada diri Prema Sai Baba.

Pada dasarnya ajaran yang diusung Sai Baba dan disebarkannya kepada orang–orang tidak lain adalah ajaran Hindu. Ini bisa dilihat dari perkataannya mengenai tuhan. “There is only one God, He is Omnipresent”. Selain itu juga tentang pengakuannya sebagai avatar yang tidak lain adalah ajaran panentheisme. Sebuah keyakinan bahwa alam semesta ini adalah bagian dari tuhan. Oleh karena itu tidak salah ketika ia mengatakan bahwa tuhan adalah omnipresent (kulliyul wujud). Namun perlu diketahui bahwa Hindu memiliki dua aliran, hindu monotheistic dan hindu polytheistic walaupun keduanya sama-sama menganut panentheisme. Bagi aliran monotheistic, mereka meyakini bahwa hanya ada satu tuhan yaitu Brahman yang menjelma dengan berbagai bentuk untuk menampakan dirinya kepada manusia. Sedangkan aliran polytheistic menyatakan bahwa tuhan itu ada tiga Brahman sebagai the ultimate power ia bersifat impersonal, Vishnu dan Shiva.

Sai Baba mengajarkan mengenai ketuhanan bahwa, hanya ada satu tuhan untuk seluruh umat manusia walaupun ia dipanggil dengan nama yang berbeda-beda. Di sini kita bisa lihat bahwa Sai Baba menganut monotheisme. Namun pada saat ia menerangkan tentang triple inkarnasi, ia menganggap bahwa dirinya sebagai inkarnasi dari Shiva dan Shakthi. Maka bisa dikatakan ia mencampur adukan antara Hindu monotheistic dan polytheistic.

Bukti lain bahwa ajaran yang diusung oleh Sai Baba ini merupakan ajaran Hindu adalah konsep avatar yang diusungnya. Bahwa tuhan menjelma pada diri manusia. Dalam ajarannya tuhan menjelma dalam bentuk avatar untuk turun ke bumi dan menunjukkan cinta kasihnya kepada manusia. Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Krishna the avatar of the adwapara age (sebagai incarnation of vhisnu) di dalam Bhagavad-Gita, bahwa adanya avatar adalah ketika tuhan melihat keadilan dikalahkan oleh kejahatan, maka tuhan berinkarnasi dari waktu ke waktu untuk membela keadilan tersebut.

Namun Sai Baba sendiri mengatakan, “I have come not to disturb or destroy any faith, but to confirm each in his own faith, so that the Christian becomes a better Christian, the Muslim a better Muslim and the Hindu a better Hindu”. Maka dengan logika sederhana penulis mengasumsikan bahwa alih-alih Sai Baba ingin menjungjung tinggi pluralisme agama, yang ada adalah Sai Baba mengajak umat manusia untuk meyakini dirinya sebagai avatar (khususnya avatar dari shiva dan shakthi) sebagai salah satu inti dari ajaran Hindu. Atau dengan kata lain, secara “halus” Sai Baba mengajak umat manusia untuk meyakini ajaran agama Hindu.

Hanya yang menjadi keheranan saya adalah, mengapa sebagian besar pengikut Sai Baba ini (menurut opini yang berkembang) terdiri dari para cendikiawan, para intelek, dan orang-orang pintar yang seharusnya dengan akal sehat dan keilmuan yang mereka miliki bisa membaca ada apa di balik “dakwah” Sai Baba ini. Mengenai masalah ini penulis mempunyai beberapa asumsi. Pertama, berkaca kepada pertama kali lahirnya aliran Bâbiyyah. Ali Muhammad Asy-Syirazi, pendiri aliran Islam sempalan ini, disetir oleh pemerintah Rusia yang ingin menguasai Iran saat itu melalui anteknya, yang membisiki Ali bahwa dirinya adalah titisan Imam kedua belas Syi’ah yang dijanjikan. Ali yang memang berwatak gila kekuasaan dan ketenaran pun mengiyakan bisikan tersebut. Dan si antek ternyata sudah mensetting semuanya, di antaranya dengan sudah mempersiapkan belasan orang pengikut Ali sebagai pendukung dirinya sekaligus “da’i” untuk menyebarkan ajarannya. Begitu juga dengan Sai Baba, semuanya sudah disetting oleh “pihak” tertentu bahwa dirinya banyak diikuti orang.

Hanya mungkin asumsi ini melahirkan pertanyaan baru. Kalau ada Rusia yang berniat menguasai Iran di belakang gerakan Bâbiyyah, maka ada siapakah di balik Sai Baba? Bagi saya pribadi yang percaya kepada global conspiration againts Islam, menganggap bahwa konspirasi global itulah yang ada di balik semua ini untuk “mengobok-obok” umat Islam secara keagamaannya, setelah secara fisik sudah diobrak-abrik dengan cara militer melalui tuduhan terorisme.

Kedua, ketika manusia sudah tenggelam dengan dunia indera yang serba materi (materialisme) akhirnya sampai juga kepada titik nadhirnya, titik kulminasi terendah. Sehingga spiritualisme menjadi pilihan terakhirnya. Setelah umat dunia ini merasa berputus asa melihat dunia materi yang hanya membawa kepada kesengsaraan fisik dan batin, maka mereka akan dengan mudah menerima ajaran yang berbau spiritualisme yang menjanjikan mereka kehidupan yang tenang jauh dari huru-hara dan perang. Apalagi jika sang pendakwah ajaran tersebut memperkuat dakwahnya dengan berbagai kekutan supranatural dan berbau mistik.

Ketiga, itu semua hanya image building yang berusaha dibangun oleh beberapa orang pengikut setia Sai Baba, bahwa Sai Baba memiliki pengikut yang banyak dan orang-orang hebat. Padahal sebenarnya tidaklah demikian.

Adapun menyoal kelebihan-kelebihan supranatural yang dimilikinya, penulis tidak bisa mengatakan benar atau tidak. Karena penulis belum pernah melihat langsung dengan mata telanjang kehebatan sang Sai Baba tersebut. Penulis hanya pernah melihat kehebatannya dari rekaman video saja, ketika Sai Baba mengeluarkan linggam emas dari mulutnya dan mengeluarkan tepung gandum dari jemarinya. Seandainya kehebatan yang dimiliki Sai Baba itu benar, maka tidak secara otomatis kehebatan yang dimilikinya itu sebagai bukti dirinya tuhan/jelmaan tuhan atau minimalnya seorang nabi, tentu tidak. Karena tidak semua kelebihan supranatural yang menyalahi kebiasaan adalah bukti ketuhanan atau kenabian seseorang. Oleh karenanya para ulama dahulu sudah membuat spesifikasi hal-hal yang di luar kebiasaan (khariqul ‘adah) agar tidak semua hal yang aneh dianggap sebagai mukjizat, pembenar kenabian seseorang. Karenanya hal yang di luar kebiasaan itu oleh para ulama dibagi menjadi beberapa macam, di antaranya: pertama, disebut mukjizat jika keanehan tersebut muncul pada seseorang yang mengaku sebagai nabi disertai dengan tantangan dan tidak ada yang bisa mengalahkannya. Kedua, disebut karamah jika keanehan tersebut muncul pada orang beriman yang shaleh. Ketiga, disebut sihir jika keanehan tersebut muncul pada pribadi yang buruk setelah menjalani ritual-ritual khusus. keempat, disebut ibtila’ jika keanehan tersebut muncul pada seseorang yang mengaku tuhan. Wallahu A’lam

 

* Ketua Majelis Penasehat Pwk PP. Persis Mesir 2006 – 2008

About these ads

136 comments on “Menyoal “trend” Sai Baba

  1. Kami harapkan agar tidak menggunakan bahasa yang tidak mencerminkan akhlak seorang muslim dalam blog ini. Saya harap moderator mendelete komentar yang seperti itu, demi kemaslahatan bersama. Syukron.

  2. an-Nisaa’(4)126. Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan apa yang di bumi, dan adalah Allah Maha Meliputi segala sesuatu.

    semua alam ini adalah bagian dari Allah SWT. tapi bukan berarti makhluk adalah Allah SWT.

    semua makhluk diciptakan untuk beribadah dan bertasbih sesuai dengan apa yang diperintahkan-Nya…

    smoga kita selalu diberi petunjuk di jalan yang lurus.

  3. saya baru saja melihat berita ini,,

    saya rasa anda2 sekalian masih tetap perpegang teguh pada kepercayaa islam………..

    dan tidak terpengaruh oleh berita tentang sai baba yang ngaku jdi tuhan ………

    biar pun dia menpunyai kemampuan bisa menghidupin orang yg sudah meninggal ………

    tapi jangan pernah terpengaruh karena kita yakin allah itu satu

    seperti yang kita ucapkan ketika bersyahadat :: ashadu’alaillahail’lallah
    :: wa’ashaduan’namuham’mada’rasullulah

  4. Lebih baik jangan mengganggu kepercayaan orang lain. dan jangan sembarangan mengatakan orang lain salah. introspeksi diri, apakah anda lebih baik dari sai baba? saya rasa lebih baik anda tidak perlu berpendapat yang negatif terhadapnya. karena ajaran sai baba hanya mengarahkan manusia untuk lebih mendalami agama kita masing-masing.bukan mengarahkan untuk menjadi teroris.

    • Wayan
      saya setuju apa yg dikatakan ibrahim…bahwa apapun itu,sejarah telah mencatat bahwa kebajika Sai Baba telah diakui dunia dengan begitu banyak pengikutnya yg seamkin hari dan tahun meningkat drastis,Sai Baba jauh bgt tingkatanya dibandingkan Osama Bin Laden yg teroris itu….

  5. bro.. tu agama orang lain (hindu) jangan di bawa-bawa dong. ntar yang ada malah perpacahan di antara umat beragama. lbh baik lu sollat n stop gosipin orang melulu. tu dosa bro… to: * Ketua Majelis Penasehat Pwk PP. Persis Mesir 2006 – 2008

  6. Maaf sebagaimana pun emosinya dan kemarahan kita, namun santun dalam berkata tetap harus dipertahankan. Karena kesantunan dalam berbahasa cermin Akhlaq yang mulia.

  7. mendingan sekarang gak usah ngurusin dajjal lah.mikirin udah sholat, Zakat, Nyantunin orang miskin di sekeliling kita udah belum.
    gak usah mikirin dajjal dulu, dajal mah cepet atau lambat bakal dateng

  8. Kedatangan Dajjal adalah sebuah Aqidah yang harus diyakini setiap muslim. Oleh karena itu seoran thalib ilmi harus mengetahuinya untuk menerangkan kepada masyarakat, agar keyakinan ini tidak diselewengkan dengan pemahaman yang serampangan.
    Tidak meyakini adanya Dajjal, atau memahami Dajjal dengan pemahaman yang salah bisa menyebabkan shalat,zakat shaum dan ibadah-ibadah kita yang lainnya menjadi tidak berguna.
    Bahkan Rasulullah Shallallahy alaihi wa alaa aalihi wa sallam pun selalu mengingatkan para shahabatnya tentang Dajjal, agar mereka selalu waspada dan mengetahui ciri-cirinya dengan nyata.
    Dan itulah yang harus dilakukan oleh umat Islam yang nota bene adalah para penerus shahabat.

  9. Dajjal sejenis ‘mind freaker’ yang mampu memutar balikkan realitas normal menjadi realitas luar biasa. Dajjal belum mengganggu kaum Muslim, jadi biarkan saja dia dengan semua keluar-biasaannya.

  10. Klo gtu Sai Baba ngajarin agama hindu dunx . . . . ??

    wah wah wah. . .

    bukannya agama yg paling bener adalah agama islam . . . .

    yakan !!!

    kalo dy tuhan . . .
    apakah sai baba bisa bikin planet sebesar bola basket dan ada kehidupan didalamnya ???

    wexxxxx… Xp

    • semua agama juga baik…ga ada yang ngajarin ga baik…tergantung lu men yg ngejalaninnya…agama islam paling baik?..bagaimana pendapat lu tentang FPI(sebuah ormas islam)…bagaimana pendapat lu tentang noordin M top DKK..dan bagaimana pendapat lu dengan nabi2 yg tidak mengajarkan agama islam…apa nabi itu menjelekan agama islam…JUJUR SAYA BUKAN ORANG BERAGAMA TAPI GA KAYA LU MEN

      • To Mr.??
        Ajaran agama memang semua baik, gak ada yg gak baik..
        Koreksi to Mr.??, semua nabi dari Nuh as s.d. Nabi Muhammad SAW mengajarkan agama islam, yaitu agama yg ‘berserah diri’ kepada Allah SWT, termasuk Nabi Musa as, Nabi Isa as (Yesus),dll. Manusialah yg memberi nama agama berbeda-beda (Yahudi, Kristen/Nasrani, dll). Kalo Islam itu nama yg diberikan oleh Allah SWT (bukan oleh manusia).
        Kalo ada beberapa person ummat yg dalam dakwahnya terkesan keras, galak, garang, itu memang varian dari diri ummat itu sendiri, sejak zaman Nabi Muhammad SAW jg demikian. Ada Abubakar ra yg lembut, ada Umar ra yg keras dan tegas, ada Ustman ra yg kaya raya, dan ada Ali ra yg pemberani dan pemahaman ilmu nya tinggi. Di zaman ini jg demikian (banyak karakter umat yg bervariasi). Demikian komentar saya…

      • nih jg wat “Mr.??”, kalo “Mr.??” bukan org beragama mending ga usah posting deh dari pada cman memamerkan kebodohan.. tentang yg “Mr.??” bilang mengenai FPI, tolong “Mr.??” cari tau alasannya jgn asal ngoceh kyk anak kecil mungkin benar yg di lakukan FPI terkadang sangat keterlaluan (bahkan saya sndiri merasa agk !!!), tapi ap yg dilakukan mereka jg punya landasan yg kuat demi mencegah hal2 maksiat, trus buat noordin M top dkk.. tolong jangan diliat dari segi agamanya tapi liat dari ap yg dia perbuat mereka itu benar2 100% perbuatan TERORIS dan “seluruh agama” mengecam teroris, gak tau deh wat “Mr.??” yg bilang bukan org beragama..
        thanks klo udah baca comment saya..
        mungkin saya tidak terlalu tau tentang islam karna saya nasrani.. tapi janganlah kita mudah terpecah belah hanya karena agama kita berbeda..^^

      • Negara – negara di timur tengah tidak akan pernah mendapat kedamaian karena masing – masing dari mereka pada keras kepala selalu ingin menang sendiri sama seperti kalian , cobalah untuk bisa saling menerima perbedaan ini karena memang tuhan menciptakan perbedaan ini untuk saling dimengerti

    • @XXX; agama paling benar islam?? brti anda hrs bnyk lagi mengerti ttg ajaran agama anda..krn sy yakin KS agama anda tak mungkin menyebutkan hal itu..karena tak ada ajaran agama yang menjelekan agama lain!!

      @yoen;andapun tidak mngerti banyak bicara..dg menjatuhkan agama lain..itukah yang diajarkan agama anda??? jika iya, selamatlah saya tak sepaham dg anda! nama dari tuhanlah! apa bedanya tuhan anda dg tuhan semua agama di indonesia?? satu kata buat anda.. KASIHAN!!

      mr.; anda tidak lebih baik drpd keledai.

      @

  11. Yakinilah apa yang menjadi keyakinanmu..
    Yang benar adalah yg tidak merasa dirinya paling benar, coz manusia tu g pernah luput dari kesalahan..
    Segala kebenaran hanya pada-Nya
    Jalani aja hidup ini sesuai dngan ajaran msing2..
    Gitu aja kog diambil pusing apalagi mesuh atau menjelekkan kelmpok tertentu…
    Lebih mutu klo dibuat ibadah dan pendekatan kepada-Nya..

  12. tolong bagi ummat islam yang percaya sai baba ,.,. segera bertaubat,.,.

    seandaix saibaba itu tuhan tolong sampaikan ke dia ,,suruh hentikan perang di pakistan biar ummat islam yang katax teroris(perkataan dusta) segera merasakan kedamaian hidup.,.sekarang jga.

    dan demi ALLAH sai baba gak bakal mampu untuk berbuat separti i2.,

      • trus yang bisa tuhannya siapa kenapa perang juga kagak berhenti apa tuhanmu juga kagak bisa? gue kira Tuhan bukannya kagak bisa tapi biarlah alam bekerja sendiri, dan manusia bakal merasakan akibat dari tidak mencintai alam beserta sisnya!!!

  13. manusia memang tidak luput dari kesalan,., tpi tidak bagi manusia yang mendapat petunjuk dari ALLAH,.,., islam tidak boleh diam dgan pelecehan sai baba yang mencampukan ajaranx dgn islam .,. man roa munkaron fal yughoyyir biyadihi faillam yastati’ fa bilisan’ faillam yastati’ fabiqolbi wa huwa adlaful iman.,. tentu muslim yang taat lebih memilih biyadihi./.,., key

  14. tolong kepada seluruh umat beragama,,,terutama islam…
    jangan terpengaru dengan sai baba..
    karena dia itu adalah dajjal…

    kalau anda percaya terhadap apa yang dia bawa..
    maka celakah kalian,,,,

  15. Woy sai baba,kamu dajjal laknat,kmu tuhan yg sring menjelma seperti siluman..tuhan kribo, hitam, buta sbelah lg,mati aja kmu

    • Hati – hati bicara semua nabi utusan tuhan. tuhan tidak menciptakan manusia seprti kamu. kita mengenal kebesaran tuhan lewat sri satya sai baba. kamu menghina beliau berarti kamu menghina tuhan mu.masih syukur kamu dikasih hidup dan tidak menderita.

      terhinalah tuhan telah menciptakan manusia seperti kamu. tuhan ampunilah dosa dosa orang ini. amiiin.

      • buat bang “made” mending segera tobat, bang “made” secara gak langsung bilang sai baba itu nabi?? sadar bang “made” aku percaya dan yakin sai baba itu adalah salah satu dari kemunculan dajjal.. dan hanya orang dengan keimanan yang “rapuh” yang percaya bahwa sai baba itu adalah nabi utusan tuhan…

      • wahai made trus lah ikuti sang dajal maukah qm meraskan kematian dulu agar qm tau kebenaran itu apa caranya gampang kuburlah dirimu setengah leher cukup 1 hari 1 mlm saja maka qm akan tau artinya alam kubur

    • Bhagawan Sai Baba bersabda: Aku datang bukan untuk membentuk Agama baru, ataupun menghapuskan keyakinan yang sudah ada, tetapi Aku datang untuk menguatkan kembali kepercayaan yang sudah ada, sehingga seorang Hindu menjadi Hindu yang baik, seorang Nasrani menjadi Nasrani yang baik, seorang Bhuda menjadi Bhuda yang baik, seorang Muslim menjadi Muslim yang baik, amalkanlah ajaran kalian secara benar dan nyata, jangan menghina siapun, jangan membenci siapun, layani semua, cintai semua, jangan berdebat, jangan bertengakar, tunjukan sikap persaudaraan bagi semua mahkluk. Demikian pesan Paduka Bhagawan.

      • lakum dinukum waliyyadin agama itu bukan kue jika ajaran itu benar maka buktinya dia akan menjadi kedamaian bagi makhluk kalo di hujat n di caci gunakan akal sehatmu tuk mengkaji semua kejadian tersebut

  16. saya muslim…dan saya percaya baba!!!
    Biarkan orang bicara apa,karena menurut saya inilah jalan saya menuju Tuhan!!!
    Dan semenjak saya percaya baba,saya bisa menjadi muslim yang lebih baik…karena baba mengajarkan kepada saya untuk love all serve all…bagi kalian yg tidak percaya akan kebesaran beliau,jgn hanya bicara diforum…kalau berani anda kunjungi BABA di kota Phutapharti india!!!

      • ya ampun mas sutomo.. anda ini kan seorng muslim… knp bsa prcya sma sai baba?????
        apkah sai baba akn mnjmin anda msuk surga?????
        firman allah sdh jlas…
        tiada tuhan slain allah swt…

        ya mdah”an sja anda bertobat sblum trlmbat….

      • bang sutomo ini hanya salah satu korban ke “rapuhan” akhlak, dan tolong bang sutomo belajar mengenai islam dengan baik melalui para usztad dan orang2 yg punya pengetahuan tentang agama islam lebih dalam.. kalau bang sutomo sudah belajar dan mendalami coba donk ikut tuh ke pengajian, dan ceramah agama.. saya yakin bang sutomo jg akan sadar kalo yg temen2 kita bilang mengenai sai baba itu dajjal adalah benar.. saya ingin tau apakah bang sutomo pernah membaca al qur’an?? dan mengerti ap2 yg di tulis di dalamnya?? dan kalo bang sutomo benar2 muslim saya sangat mengharapkan kalo bang sutomo segera bertaubat dan membaca 2 kalimat syahadat..

      • saya setuju dg bp.sutomo dan bagi anda yg lain..silahkan berarguman sesuka anda tapi tidak perlu menjatuhkan keinginan atau kepercayaan seseorang..
        jika anda yakin dan paham akan ajaran agama anda semestinya anda tdk melakukan hal trsbt..
        silahkan lanjutkan utk menghancurkan kepercayaan anda trsbt dengan terus berargumen sesuka anda dan seluruh dia akan tambah mengecam aliran yg anda anut.. sai ram

    • pesan rassullulah jika qm berjumpa dengan ciri2 dajjal lbh baik qm berlari menjauh atau berlindung di kota makkah n madinah lalu di mana pemahaman qm tentang islam artinya qm tdk pernah membaca n memahami al quran tetapi mengaku islam krna dasar keturunan seorang muslim yg berpegang pada alquran n hadist tdk akan pernah terpengaruh dengan apapun tetapi org yg mengaku2 muslim tapi tdk paham artinya muslim itulah golongan manusia munafik yg mengaku islam tapi menghancurkan islam sendiri

  17. meskipun saya blum pernah melihat baba langsung….tapi saya percaya baba,
    dengan ajaran kasihnya telah membimbing saya pada kebenaran.
    bagi anda” yang gak percaya…tak patutlah ngomong sembarangan, berkacalah…!! sudahkah kau temui dirimu yang sejati? lebih baikah kau dibandingnya?

    Mulutmu Harimaumu……!!!!!!!

  18. Aku tidak kenal Sai. Tapi dari apa yang diajarkan kelihatannya lurus2 aja tuh.. Masalahnya, ada yang merasa tidak nyaman.
    Kalau begitu e…ot terus, ampe puyeng, seperti sesembahan kalian itu..

    • pliss ya buat yg atheis.. mending ga usah ikut comment.. kamu tuh cuma orang bodoh yang tidak punya pendirian, sebagai bukti tidak punya pendirian itu y kamu tu atheis..
      dan jg omongan mu itu mengenai “seperti sesembahan kalian itu..”

      • ateis? lebih baik dia, jika melakukan hal2 baik meskipun dia ateis, dibandingkan dengan anda yg mengaku beragama, tapi tidak berbuat baik. tapi anda yg sudah ateis tapi juga tidak berbuat baik!!! …..

  19. Semoga semua makhluk hdup berbahagia… Inikah yang kita inginkan???
    Yang jelas kita bebas memilih apa yang kita ingin lakukan, tapi ingatlah kita tak akan mampu memilih akibat dari pilihan kita…
    Apa yang kita percaya itulah yang patutnya kita yakini…
    Beragam kepercayaan dan agama jangan sampai menghancurkan NKRI tercinta ini.
    Damai di Dunia, Damai di hati, Damai Selamanya

  20. umat Muslim jgn PARANOID sma hal2 seperti BABA.
    gak 100% ciri2 Dajjal ada pada SAI BABA jadi jgn langsung memvonis bahwa Sai Baba itu Dajjal seperti yg disebutkan Hadist2. klo sampai bukan Dajjal berarti Anda sekalian sudah Memfitnah orang lain.

    • wow, ini baru komentar yang tepat dan baik langsung “ngena” ke orang2 yang komentar gak ada juntrungan diatas, two thumbs up

  21. Mendingan urus diri kita sendiri, apakah yang kita lakukan sehari-hari sudah sesuai dengan jalan diberikan oleh Allah, bukankah setiap agama punya keyakinan dan ajaran masing2, kalau kita islam pakailah tolokor islam, jangan tolok ukur ajaran islam memakai ukuran agama lainnya, kalau hal ini dilakukan kacau balau jadinya. Bukankah kalau kita membicarakan sai baba, jelas mereka adalah menggunakan tolok ukur hindu, dalam hindu setiap orang adalah awatara, semua orang adalah jelmaan Tuhan, mampu tidak manusia ini meningkatkan kwalitas dirinya hingga menjadi Tuhan. Itulah tujuannya ajarannya. Dengan asumsi demikian, orang hindu meyakini apapun bentuknya, apapun wujudnya, kalau mampu mewartakan dharma, maka bagi mereka menganggap itulah wujud tuhan, karena bagi mereka Tuhan meresaap dalam ciptaannya.

  22. Saya adalah salah satu dari sekian banyak orang, mungkin jutaan orang yang telah mendapatkan mujizat dari Sai Baba, saya dan keluarga saya telah mendapatkan berkah dari Beliau yang tidak terkira. Keluarga dekat saya telah disembuhkan dari kanker otak oleh beliau, teman saya telah disembuhkan dari kanker tenggorokan dimana dia telah divonis oleh dokter secara medis hidupnya tidak melebihi 3 bulan. Dan masih banyak lagi kasus-kasus medis berat yang beliau sembuhkan. Malah banyak orang-orang jahat dan mafia-mafia yang telah ditobatkan oleh Beliau dan disuruh untuk kembali ke ajaran agamanya masing-masing.
    Saya mendalami ajarannya tidak ada satupun yang bertentangan dengan semua agama di bumi ini. Jadi berhentilah kita menghujat Beliau. Tuhan atau bukan Beliau di usia yang sudah uzur ini masih melayani dan menolong umat manusia yang datang dan percaya kepadaNya.
    Beliau tidak pernah mempertentangkan agama yang ada malah menyatukan perbedaaan-perbedaan yang ada. Bukankah itu hal yang sangat baik.
    Wahai orang-orang yang menghujat Beliau, sudahkah anda bercermin, sebaik apakah anda.
    Sai Baba adalah ciptaan dan rencana Tuhan untuk menolong manusia keluar dari kesulitan.
    Marilah kita berhenti menghujat Beliau. Beliau bukan Dajjal karena tidak ada sifat-sifat Dajjal pada Beliau.

    • ya itulah tipuan dajjal….
      surga’a dajjal adlah neraka ALLAH SWT… sblik’a neraka’a dajjal adlah surga’a ALLAH SWT…

      INGAT ITU….

      • Semua kok udah kya knal aja ama tuhan…ngaca dlu…klo lo bangsat jadi orang …y balesan nya bangsat…gt aja…

        ga usah bela2 tuhan…

        tapi ikutilah LARANGANNYA sesuai kepercayaan masing2>

        lo mrasa bener agamamu…jalanin yg bener donk…

  23. salam sejahtera!!! janganlah kita melihat dari segi lahir akan diri seseorang, tentang kemampuannya/kehebatannya.. karena iblis pun dengan seijin TUHAN mampu berbuat seperti itu!!! akan tetapi lihatlah dari segi apa manusia itu mendapatkannya (amal/perbuatannya)!!!

  24. Baba adalah seorang yang Suci dan Agung..
    beliau tidak pernah memaksa anda-anda untuk mempercayai beliau ataupun ajaran-ajaran beliau..namun hanya orang yang kurang pada pemikiran dan kurang paham pada hal filosofi maupun ilmu ketuhanan lainnya lah yang menilai ajaran Baba adalah tida benar ataupun salah.
    Ajaran beliau adalah cinta kasih, kasih sayang, kedamaian, dan juga tanpa kekerasan. saya rasa semua Agama ataupun ajaran dari leluhur setiap insan manusia juga demikian.
    silakan anda cerna dan pahami betul ajaran beliau dan silakan kita bersama berkaca terlebih dahulu sebelum menyatakan pendapat ataupun berucap sesuatu..
    sebab “watak mu adalah apa yang engkau ucap”
    semoga anda sekalian diberi Kedamaian oleh yang Kuasa…om Sri Sai Ram

    • lakum dinukum wallyadin silahkan anda truskan ajaran anda tapi anda tdk usah sok pintar dengan kami wahai saudara ku para muslim mari kita jalankan rukun islam yg 5 setiap harinya dan berlindung kepada ALLAH akan godaan iblis n syaithan dlm bentuk apapun jika mereka ingin merusak akidah kita wajib kita perangi jihad fi sabbillilah jika mereka tdk mengganggu kita biarkan saja kuat kan barisan satukan 7 an berpegang teguh pada alquran n hadist yg di jamin ALLAH tak akan musnah sampai ahir dunia

  25. Seorang yang baik itu diliat dari akhlak dan ketakwaan nya kepada Allah SWT…kta menvonis seorang itu berat hukumnya…bagi anda yang menjelek2 an sai baba, mungkin anda tidak mengerti ajaran agama hindu..JUJUR SAYA ORANG YANG TIDAK BERAGAMA tapi saya punya 1 prinsip untuk hidup yaitu TIDAK BOLE USIL KE ORANG, DAN PERBANYAKLAH AMAL DALAM HIDUPMU

  26. masak tampang kayak gituaja di bilang tuhan sich, yang bener aja dalam alquran di katakan bahwa tuhan (allah)tidak berupa manusia jewan tumbuhan dan sbgainya

      • NIH BUAT “roi not fanatik like u shiit”, LO YANG GAK TAU JINK LO YANG GAK PERNAH BELAJAR AGAMA MENDING GA USAH IKUT COMMENT!!! GOBLOK DAN KEBODOHAN LO TUH MALU MALUIN TAU GAK!! JANGAN ASAL NGOMONG “sok tau loe” AMA ORANG, YANG DIA BILANG ITU EMANK BENER!! JADI SEBENERNYA “LOE TO YANG SOK TAU” DASAR BOCAH SD!!

  27. masak tampang kayak gituaja di bilang tuhan sich, yang bener aja dalam alquran di katakan bahwa tuhan (allah)tidak berupa manusia hewan tumbuhan dan sbgainya

  28. Agama Hindu mengajarkan bahwa semua mahluk adalah saudara tidak membeda bedakan suku ,agama, bangsa.

    Baba mengajarkan love ALL,serve ALL. Jadi untuk SEMUA,bukan hanya kelompoknya saja yang saudara sdg kelompok lain dianggap musuh, sesat , kafir dll

    Bukankah itu ajaran yang sangat luhur da akan menciptakan kedamaian?

    • maaf bagi kami islam di dalam alquran sudah jelas ada ayat yg menerangkan lakum dinukum waliyaddin agamamu agamamu agamaku agamaku di dlm islam pun di ajarkan menghormati agama yg laen tapi tdk mengikuti ajaran yg laen islam agama yg universal dan damai hnya oknum2 nya saja yg sering membuat rusak islam itu sendiri yg mewajibkan sunat adalah islam setelah di kaji oleh kesehatan ternyta sunat baik bagi kesehatan ternyata agama2 laen pun sunat artinya islam banyak mendatangkan manfaat jika di kaji dengan benar yaitu memahami alquran n hadist seutuhnya ini ngaku islam baca alquran aja tdk bisa ketika ada ajaran baru yg datang jiwa labil akhirnya ikut2 tan juga di dalam alquran itu sudah komplit termasuk masalh planet alam semesta kehidupan di [planet lainya alquran berbicara sebelum teknologi secanggih sekrng tapi knapa muslim jadi pengikut sai baba krna tdk faham dengan kitab alquran wong bacanya aja gk bisa gmna mo faham

  29. kalo tuhan telah menampakan wujudnya berarti tuhan sudah tidak hebat lagi,rasakanlah angin,apakah kita dapat melihatnya,lihatlah matahari apakah kita dapat memegangnya,kita hanya dapat merasakan cinta kasih tuhan,uluran tangan,berbelas kasih dari kita sesama adalah keberadaan tuhan

    • kok loe yg sewot klo orang mlah percaya baba ato apalah…

      emangnya loe aja yg ndirian hidup…

      wakakakak

      • roi not fanatik like u shiit COMMENT LOE KYK COMMENT ORANG GAK PERNAH SKOLAH.. MUNGKIN BANGKAI BABI LEBIH BAEK DERAJATNYA DI BANDING LOE, BAHKAN KOTORAN BABI LEBIH BAGUS DARI PADA DIRI LO!!

  30. kalo emang gak mau di perdepatkan maka suruh tuhan lo si sai baba untuk tidak mencampuradukan islam kedalam ajaran nya apalagi dengan menybut” nama ALLAH di dalam tulisan tulisan nya . maha suci ALLAH dari apa yang mereka persekutukan.

    kalo itu di penuhi kami ga akn ngurusin urusan kalian wahai orang” kafir

    jadi koreksi dlu tulisan” tuhan lo si kribo sai baba yang selalu mencampurkan islam di dalam ajaran nya

    jelas kami telah disinggung sebagai umat muslim karna telah di campur adukan agama kami kedalm ajaran sai baba dan dengan berulang” menyebukan nama ALLAH di dalam tulisannya

    isyaALLAH klo kami ga di usik kami gak akan mengusik kalian ………..

    ok

    • nah itu bru mantap…solusi yg bgus…

      skalian loe aja yg ngomong ndiri ke india…

      tatap muka langsung…

      nanti klo loe dah babak belur….

      call me y…

      wkkwkwkwkwkwk

      • ingat roi kami org islam tidak takut mati jihad fisabililah itu amat indah kalo anda jantan jangan hanya di dunia maya kami islam jangan di ganggu maka kami tdk akan mengganggu dan kami islam tdk takut apapun kecuali kepada ALLAH ZAT yg berdiri sendiri tdk beranak dan tdk di peranak kan ALLAH tdk sama dengan makhluk jika anda berani saya tantang anda utk merasakan alam kubur sebelum mati kuburlah diri anda 1hari 1 mlm maka anda akn merasakan bagaimana yg di namakan alam kubur jangan bicara saja krna saya sudah membukti kanya maka saya yakin ALLAH HU AKBAR KUL HU ALLAH HU AHAD

    • to vicvhry itu dia bro.. “penistaan agama” itulah yg sebenarnya yg dilakukan sai baba, masa agama maen campur adukin aja…

  31. Tiada Tuhan Selain ALLAH SWT, dan nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir. Saudara2ku sesama muslim, kuatkanlah iman kita, dan saling mendoakan. Hanya kepada ALLAH SWT kita menyembah dan hanya kepada ALLAH SWT kita meminta. Insya Allah kita akan selamat di dunia dan akherat…

    • sip nih… q juga doain ma temen2 muslim yang keimanannya lagi rapuh janganlah mudah tergoda oleh sesuatu, yakin lah hanya allah yang yang maha memberi dan yang maha memutuskan

      • good. perkuatlah keimanan kalian, perbanyaklah berbuat baik. kebaikan artinya mencintai sesama sama rata, karena semuanya adlh ciptaan Allah, biarkan sama 2 kita,jalan dengan keimanan masing2, karena toh semua kita sama2 tidak tahu rupa sorga dan neraka, jadi kenapa mesti berebut!! semua agama baik, tapi jangan sampai membuat kita tidak baik. marilah kita sama2 kembali ke fokus, menatap kedepan, menatap cahaya keindahan ketuhanan kita dan keindahan hidup saling mencintai dan menghargai. Amien.

  32. Tidak ada satupun sejarah membuktikan bahwa para guru-guru mulia, Nabi, maupun Wali mengajarkan kebencian. Apakah kita termasuk penerus dan pewarisnya atau bukan, tengok hati kita masing-masing, bila masih ada seberat atompun kebencian dan kekotoran, apapun agamamu tidak akan pernah menolongmu untuk mendapatkan keselamatan. Jalani saja agamamu masing-masing,jangan kuatir Tuhan ndak pernah mempromosikan Surga, ndak maksa tuk masuk surga, yang mau terjengkang dengan kekotoran hatinya hingga masuk neraka juga boleh kok.

    • itu brati qm lah yg tidak tau arti ke imanan dan blajar agama… “jangan kuatir Tuhan ndak pernah mempromosikan Surga, ndak maksa tuk masuk surga, yang mau terjengkang dengan kekotoran hatinya hingga masuk neraka juga boleh kok” agama apaan yang qm anut?? qm atheis??? di agama manapun pasti menginginkan penganutnya masuk surga.. kcuali buat orang atheis, neraka jahanam lah tempat dia satu2nya..

    • ya…siplah Agama itu mengajarkan kebenaran, bukan kemenangan karena jaman sekarang yang salah sering menang didunia ini Israel selalu menang dan kebenaran Milik Allah yang menilai bukan manusia tak usah bermusuhan antar Agama kita kasihan kenapa agamanya tidak sama dengan kita mari kita berda’wah menyebarkan kebenaran dari firman Allah, tak usah bermusuhan/beenci, toleranlah,kita lihat Baba ini asal kita jangan lkut ikutan ada kekuatan kedua(sangat lemah) setelah Allah yaitu Saiton, yang harus beribadah kepada Allah adalah JIN dan MANUSIA

  33. Hai….Sahabat semua, tuhan hanya satu tapi kepercayaan menuju tuhan di antara kita beda ada yang mencari jalan sesuai kepercayaan hindu, Budha, Islam dll. Enggak usah di perdebatkan rasanya kok konyol banget kalo nggak percaya ya udah, kalo percaya ya jalani aja kok gitu aja jadi mau berantem sich. Hindu juga pada dasanya percaya pada satu tuhan bukan dua tau tiga tapi manifestasi tuhan itu banyak sama halnya di negara kita presiden itu satu tapi pembantunya seperti menteri,angkatan laut, darat, udara, gubernur dll dan tuhan itu nggak ada yang tahu bentuknya, cuman untuk memudahkan kita memfokuskan fikiran dalam berbakti dan bersembahyang ke padanya kadang di simbolkan ke berbagai bentuk seperti patung dll itulah ajaran agama hindu jadi saya minta maaf kalo ada yang kurang berkenan di hati agar jangan di perbesarkan marilah kita kembali pada kepercayaan kita masing – masing, alangkah indahnya hidup ini bila kita mau saling melengkapi dan bisa menerima kekurangan orang lain. terimakasih

    • g usah diperdebatkan agama mana yang paling bner…smuanya ngajarin yang benarkan g ada yang ngajarin kejahatan…dan ingat walaupun setiap kita punya agamanya sendiri2,buka mata kalian dan lihat jika Tuhanku dan Tuhanmu berbeda kambing yang di Indonesia apakah beda dengan kambing yang ada di arab…atau mungkin setiap Anda yang penganut agama x (misalx) puya kaki empat berbeda dengan penganut agama yang lain…yakinlah bahwa Tuhan itu hanya satu yang melindungi agamamu dan agamaku,dia menciptakan manusia sama yg satu dan yang lainnya…hanya betul bahwa kita punya jalan sendiri2 menuju ke sana…Ok.peace man…Jangan narsis aja gt…

  34. begini aja, biar adil lw bandingin aja nabi muhamad vs sai baba dari banyak sisi, silahkan dinilai secara adil, siapa yang lebih baek? kok pade fobia banget sama nabi orang sih? emank lw diganggu? nabi lw dulu cari umat dg berperang? buka buku ajaran kalian yg usang itu! udah banyak yg ketinggalan jaman! pengikut agama yg satu ini koq ga bosan2na menjelek2an Yesus,Yahudi,Sai baba????
    pohon yg buruk akan menghasilkan buah yg buruk pula, lihat aja kelakukan mereke yg mengikuti ajaran dia, paling bisanya bikin teror dan kerusakan.

    • buku usang mana yang loe maksud?? nih asal lo tau aja islam berperang karena mereka di serang lebih dulu oleh orang musyrik! kalo yang lo maksud buku usang buku2 yang di palsuin sama orang goblok kyk lo ya brati yang lo baca tu goblok, yang malah pernah gwa baca malah di kitab suci lo ad yang berkata tentang payudara dsb. wa nanya, ap itu pantas buat buku yg di bilang suci??
      dan ini asal loe tau aja.. para pastor yang makin ingin mendalami agama yang di percayanya malah bingung karena smua yang di tulis cuma tulisan oleh manusia2 bodoh!! bahkan jadinya si pastor milih masuk islam karena ketika dia membandingkan maka agama islam lah yang lebih benar!!
      lain lagi tentang para usztad yang mendalami lebih tentang agamanya dia jadi malah lebih bertakwa!!
      kalo pun org islam jadi murtad, itu karena dia tidak pernah blajar agama, maka ketika di sogok dengan harta dan kekayaan dia memilih jalan yang salah!!

      LOE DULUAN YANG MENGHINA AGAMA GWA,, JADI JANGAN SALAHKAN GWA MENGHINA LOE DENGAN FAKTA YANG BENER2 TERJADI!! GAK KAYAK BUALAN LOE YG CUMAN LOE BACA DARI KISAH2 DAN BUALAN KITAB2 OLAHAN MANUSIA LOE!! BUKU YANG DI UBAH2 ORG AJ LOE PERCAYA!! TAI LOE TAU GAK!! ASAL LOE TAU KITAB SUCI GWA GAK PERNAH BRUBAH 1 KATA PUN DARI MULAI DI BUAT SAMPE SKARANG!! KTINGGALAN JAMAN?? LOENYA AJA BUDAK JAMAN!!

      buat umat beragama yang membaca saya minta maaf kalo ini jadi berbau SARA tapi yang saya ingin tegaskan hanya ke bodohan si “mark” yang gak tau ap2 tentang agama dengan se enaknya menghina agama saya!!

      • wah wah.. si blame marah2 tuh..
        tapi blame loe bener..
        nih buat si mark, yesus yang loe panggil tuhan tuh tau gak sapa?? dia itu tentara yang ingin membunuh nabi gwa isa a.s dan atas kehendak tuhan wa wajah salah satu si tentara yang ngejar2 nabi wa tuh di samain rupanya, jadinya si tentara itu sendiri yang di tangkap, trus di salib.. nih yang gwa heran.. umat loe sendiri yang nangkap terus nyalib dia sampe mati.. koq malah umat loe juga yang bilang dia tuhan yesus?? cobalah belajar sejarah jangan hanya dari 1 pemahaman hoax loe aj,, baca smua yang ad, pahami, cermati, dan koreksi isinya dengan jelas, buat sai baba, klo loe bilang dia nabi, nabi apaan??
        dukun kyk gitu loe bilang nabi.. parah loe..

  35. bwt yg ngefans sai baba, baik yg atheis maupun yg theis jalani terus keyakinan kalian.ga usah takut dan percaya sai baba bakal melindungi.jngn sok pamer di muka umum, ga usah cari2 pengikut,kalem aja.klo lingkungan ga kondusif cukup belajar di rumah, amalkan di rumah aja,ga usah berdebat, gerakan bawah tanah deh istilahnya. jadilah orang pinter, klo belajar dari buku ga aman cukup dari internet aja, gampang kan? jalani rutinitas agama kalian masing2 seperti biasa, jangan yg aneh2, OK! dgn demikian ga bakalan bersinggungan di masyarakat. mudah kan? ajaran sai baba itu sederhana, love all, serve all, vegetarian, dll.biar apa kata orang, kalian teguh pendirian, sebab ajaran sai baba membawa kalian menuju jaman keemasan, penuh kasih sayang dan kedamaian.

    • btw mark di bayar pake ap loe ma sai baba buat ngumpuling pengikut??

      wa udah tau perekrut dan penganut ajaran sai baba dah masuk dan mulai ad di indo.. loe yang pengikut demi kesenangan dunia mending jangan bersuara di sini, shut up ur mouth!! and klo mo cari penganut buat tu sai baba jgn comment di sini loe!!

    • kalo memang love All buat baba nggak usah deh ngaku tuhan jadi ketua PBB aja baguslah, Nabi Isa Pun Sangat Sakti dengan mujijatnya tidak pernah Nabi Isa Ngaku dirinya Tuhan, hanya pengikutnya saja yg perpendapat Tuhan Anak.maaf ya kita sama2 percaya Allah.

    • nyante mark nabi isakh mati tapi bangkit lagi…jangan2 ada nabi agama bersebelahan mati konyol tu…g tw bangkitnya kapan???nanti pengikutnya tu nyusul…..Ok.

    • kalo anda memang tau tentang islam mari kita diskusi di darat mark biar saya jelaskan tentang islam kepada anda alquran adalah milik ALLAH jika pun anda membakar alquran pun tdk akan PUNAH tetapi dengan seketika anda akan mendapat siksa secara tunai di dunia ini krna itu janji ALLAH

  36. Minta ampun lah kepada Allah SWT,dan berdoalah kepadanya supaya terhindar dari fitnah dunia dan fitnah Dajjal..
    Amin ya rabbi…

  37. setelah saya baca komentar2 dan debat2 disini, ternyata oknum2 yang mengaku beragama disini banyak yang belum mengerti secara penuh tentang ajaran agamanya masing2, kalo semua manusia seperti ini, dajjal sendiri kayaknya gak perlu cape2 turun tangan deh, cukup santai sambil nonton aja kali

    • itulah gunanya islam di turunkan hai teja tapi ibarat anak sekolah belajar gak menulis gak membaca pun gk bisa tapi ngakunya sekolah jika muslim mempelajari alquran secara utuh maka dia akan menjadi manfaat bagi org sekitarnya

  38. Sai Baba adalah seorang manusia yang diciptakan Allah SWT yg Maha Kuasa,ia terlahir dari seorang ibu sebagaimana manusia yg lainnya, ia juga makan dan minum untuk melanjutkan kehidupannya, ia juga akan mati seperti yg lainnya …adapun dia punya kelebihan itu tidak akan merubah statusnya menjadi nabi, atau rosul atau bahkan menjadi tuhan…

  39. udhlah!!! gk ush ribut!! pikirin aj urusan akherat bner ato gk bner nya saibaba tu dajjal,y qta prbyk ibadah aj dah… biar msuk surga..byk2lah b’doa kpd Allah SWT..Tuhan itu hanya satu yaitu Allah SWT….Laillaha illalah muhammadarasullulah…. Tuhan hanya satu yaitu Allah….

  40. jelas sekali penulis diatastidak mengetahui detail ttg sasi baba… apapun ajarannya yang telah diajarkan apakah penulis mengetahuinya?? adakah letak kesalahannya??
    agama adalah hal yang sifatnya bebas dipeluk siapapun.. dan sesungguhnya siapapun yang menganggap tahu akan ajaran agama yang dipeluknya tetapi mengagungkannya didepan ajaran agama lain lalu menjatuhkan atau justru menyalahkan ttg ajaran agama lain<maka anda dapat disebut dengan orang yang tidak tau ajaran agama anda dan justru berusa menimbulkan image buruk ttg agama anda sendiri diamata penganut agama lain..
    saran saya..lebihlah mengetahui akan inti akan kitab suci..dan tidak hanya menghafalnya mentah2… terima kasih

  41. Asskum…Tuk penulis,Anda menulis Topik SAI BABA dr apanya,Ajarannya atau Organisasinya atau mistiknya, hati2 dgn menulis anda sudah memberikan tempat orang utk berselisih, Tuk saudara2ku yg komentar disini, jangan mau di ajak berselisih, apapun Agama saudara jangan orientasi pada Agama adalah Orgaisasi tapi Agama adalah AJARAN,Karena SAudara masih melihat Agama itu Organisasi maka masihcenderung Organisasiesme, Pdahal Lihatlah DIri kita masing2 seberapa tinggi Pemahaman dan Pencapaian ke TUHANAN kita, Rata2 kita msih menggunakan emosional, Semua Agama pada AJaran tertingginya akan menemukan persamaan, utk saudar2 boleh kita saling berbagi(mesra_k@yahoo.com) Wassalam w w.

  42. loe semua pada ribut ma sai baba………..ntar ucok baba gimana……tapi yang bilang sai baba tu ngaku nabi or tuhan …..pernah dengar dimana ? klo gw sih belon pernbah dengar jadi gak berani komentarin, biarin aja tu sai mau ngapain……yg penting gak usah pada ribut, setan pada ketawa-ketiwi baca ni room

  43. SAYA YAKIN AGAMA ITU AJARAN KEBENARAN PENUNTUN AKHLAK. MARI PELAJARI AGAMA MANA YANG PALING BENAR DAN MASUK AKAL TAK USAH BERMUSUHAN (Ikrolah)kemenangan belum tentu kebenaran kecuali di akhirat, Al Qur’an mengajarkan MUSYAWARAH UNTUK MENCAPAI MUPAKAT. DEMONTRASI ANARKIS BUKAN MUSYAWARAH, TERORIS ITU KELIRU, SAI BABA ITU SIAPA….YA, yg jelas dia bukan nabi apalagi tuhan, dia tdk akan bisa membuat kitab seperti Al Qur’an. Injil, Jabur, dan tidak hafal seperti Nabi- Nabi Allah yg hafal atas kitabnya. mari kita lihat…

  44. ini pembicaran dua setan setelah melihat yg terjadi di room ini

    Setan 1 berkata : senang rasanya melihat semua anak cucu adam dan hawa saling bertengkar dan berkelahi
    Setan 2 berkata : aku lebih senang jika mereka mulai saling membunuh satu sama lain
    Setan 1 berkata : iya..iya..mereka hanya sekumpulan mahluk bodoh yg gampang diadu domba
    Setan 2 berkata : kalo begitu ayo kita terus tebarkan kebencian diantara para mahluk bodoh ini, agar mereka smua menemani kita selamanya di neraka…..

    kedua setan akhirnya tertawa senang : hahahahahahahahahahaha….terus saling bunuh wahai semua ank cucu adam…wakkkkkkk

  45. betul..betul..betul..ha..ha..setan 1 dan setan 2 tertawa senang karena udah dapat pengikut karena semua udah mulai pada ribut.

  46. saya merasa prihatin tentang kehadiran orang-orang seperti ini di India, karena India adalah sebuah negara atau tempat yang sangat merdeka sekali bagi orang-orang yang seperti sai baba untuk menyebarkan misinya, lain di Indonesia, walaupun mungkin tingkat keimanan di Indonesia mungkin nilai islamnya masih kurang tetapi tidak akan ada orang-orang seperti sai baba ini tumbuh subur di negara kita tercinta ini. Mudah-mudahan tidak ada orang-orang islam dari Indonesia khususnya maupun dari belahan penjuru dunia umumnya beriman kepada syetan ini, kecuali hanya datang untuk membunuhnya yang saya harapkan. Karena Rasulullah pernah bersabda bahwa jika Dajjal hidup pada masa ku maka aku akan membunuhnya dengan tanganku.

  47. semua sudah sunnahtulloh bagian dari pertabda akhir zaman sai baba kemungkinan dajjal kecil yang penting kit tetep istiqomah.

  48. untuk barsyah dan kalian semua orng muslim bodoh, agama kalian emng bnr2 agama petaka! cara penyebarannya aja lwt perang, dan sllu maunya ribut. mngkin kalian tdk puas kali ya.. kalo ga dapet ribut,menghujad,perang & menyakiti hingga membunuh orng.
    sbnrnya kalian itu lah yg setan.. krn sifat kalian adlh membunuh, emosi, menghujad, ribut dan perang!!! blm lg nabi kalian aja istrinya bnyak, itu udh cukup ngebuktiin kalo ajaran kalian itu ajaran egoisme yg sok tau dan sllu gila nama tuhan tp tdk melihat dan merasakan tuhan sbg jiwa dlm diri sndiri maupun mahluk lain apalagi agama lain. kalian maunya menang sendiri, dasar kalian orng2 bodoh sok pintar tapi kepala batu!!!!!! terkutuklah wahai kalian oknum orng muslim yg seperti ini!!!!!!!!!

    • sdra p121m4 adalh cntoh orang sok tau,jgn diikutin y kwand” yang ada nnti malah terjadi adu domba…
      yg penting qt jga keimanan qta terhdap Allah SWT dan berpegang teguh tarhdap kitab suci Al-Quran…

    • wahai p121m4 kalau anda manusia apalagi lelaki kalo berbicara jangan di dunia maya knpa tdk di forum diskusi nyata utk membuktikan kepintaran anda saya sebagai muslim menantang anda utk berdiskusi tentang kebenaran yg anda anut waktu dan tempat silahkan anda yg menentukan tapi kalo anda tdk berani pertanyakan lah siapa diri anda sebenarnya yg cuma bisa bicara di dunia maya tanpa fakta yg jelas n asal bicara seperti pecundang

  49. udah lah sahabat2 kite2 itu satu tuhan gak ada cerita kita tu beda tuhan cuma yg beda tu konsep menuju tuhan dan konsep yg bnr tu adlh knsp islam krna yg trn dari allah lwt nabi ahir zaman paling mulia mahluk ya itu muhammad saw dan menghapus sari’at 2 tu ada terdahulu dan konsep itu ada di dlm al-quran kalamullah

  50. Perbaiki iman kalian..!!perbanyak ilmu kalian ttg agama..!!koreksi diri kalian.!!apakah anda sudah benar??sudah beriman kah anda Kepada-Nya??Tuhan ampunilah hamba-Mu yg penuh dosa ini…Amin..!!

  51. ala…gitu aja kok repot!mereka punya keyakinan,,,ngapain kita usik!!!!asal mereka asik2 aja ya uda!jangan sok jadi sok benar,sok suci sendiri!!!!ISLAM ITU DAMAI

  52. kenapa c harus pada berantem gitu…
    itu semua kan soal keyakinan masing-masing pribadi…
    apapun yang diyakininya ya itu yang akan dipertanggungjawabkan masing-masing individu..
    dan masing-masing berhak meyakini agama atau aliran kepercayaan yang diyakininya..

  53. ah tipuan dajjal emang gitu , pokoknya kalo kalo ada orang yang ngaku tuhan , udah pasti salah ajarannya….. gitu aja kok repot….

  54. dasar sai baba ali emang penghuni neraka ,udah tau di al-qur’an udah jelas nabi yang terahir yaitu nabi muhammad ,tuhan kita cuma 1 yaitu allah SWT ,yang percaya hal kaya gitu ma orang-orang BODOH..
    jangan SOK TAU LAH ,
    HAPEUK

  55. Sai baba it jg mkn, minum, buang air kcl/besar sm aj am kt. Aneh ad yg prcy! Manusia memng mahluk yg lemah dan bodoh. Tiada Tuhan selain ALLAH dan Nabi MUHAMMAD saw adalah utusan ALLAH.

  56. Sai baba it jg mkn, minum, buang air kcl/besar sm aj am kt. Aneh ad yg prcy! Manusia memng mahluk yg lemah dan bodoh. Tiada Tuhan selain ALLAH dan Nabi MUHAMMAD saw. adalah utusan ALLAH.

    • ajaran apa sich yg ngajarin umatnya mo menang sendiri dan sombong pula? “dengan dagangmu (ajaranmu)yang besar engkau penuh kekerasan” Kekerasan itu sifat iblis apa setan sich?

  57. Jangan membuat dosa karena kata-kata sendiri yang menghina komunitas lain ingat seluruh Nabi-nabi dari Agama manapun tidak pernah kita membaca dalam
    kitab suci bahwa Nabi pernah menghina orang lain karena memang Tuhan tidak menghendaki manusia berkarakter jelek, Tuhan mengasihi semua mahluk tanpa kecuali, lalu kenanapa kita setiap ucapan mengandung dosa..

  58. tuhanmu mengatakan dunia dan alam semesta adalah ciptaannya begitu juga tuhanku. Yg artinya aku yg di dunia ini adalah ciptaan tuhanmu juga,andai kita sadari bahwa kita saling memiliki alangkah damainya dunia ini.seperti yg di harapkan tuhan kita.

  59. Berkacalah pada diri sendiri, apakah kamu sudah menjalankan dharma mu sebagai penganut agama,

    nie tak simpulin ,orang yang menebarkan kebecian sama dengan dajjal itu sendiri, inget musuh utama manusia ada pada diri kita sendiri

  60. yakinilah ,
    jika apa yang anda rasa itu benar
    maka pertahankanlah

    buat apa kita saling berdebat
    yang ada membuat keyakinan kita makin berpudar

    biarlah mereka berkarya
    asal iman kita kokoh

    hanya ALLAH yg akan membalas
    karena ALLAH tidak diam dan tidur

  61. Om Sairam…yg jelas Sai Baba dalam kenytaanya telah mengajarkan kebajikan dan paling salut beliau tidak terikat dalam hal dunia,seperti nikah siri,nikah beberapa kali bahkan beliau seorang vegetarian yg luar biasa….dan belaiu dicintai oleh semua umat pada saat akhir hayatnya…thanks good,atas ketidak munafikan yg kau berikan kepada hambamu yg percaya padamu…dengan bahasa kasih dan cinta sesama…I LOVE YOU BAGHAVAN SAI BABA…YOU WILL ALWAYS THE BEST IN THIS WORLD. LOVE ALL SERVE ALL…

    • silahkan teruskan keyakinan anda kami umat islam tdk akan menggangu anda dan jangan pula ganggu atau usik kami krna kami juga sangat cinta damai

  62. Mendingan halaman ini didelete saja, SARA, negara sudah susah, ndak ada waktu ngurusin SARA. KAlau anda orang baik…silahkan bantu teman2 anda yang kelaparan di negeri Indonesia saja dulu saja, jangan jauh2 ke negara lain.

  63. pokoknya,,,, I LOVE ALLAH SWT, Nabi MUhammad SAW, and I always can be mousliem,,,,,, forever..

    bulsheat lah semua bentuk kekafiran…..
    yang terpenting ISLAM itu adalah agama yg sempurna dan Allah sangat meridhai agama Islam….
    Allahu Akbar
    Laa IlaaaaahaiLallaah
    muhammaddarrasuulullaah

  64. sebaiknya islam tidak hanya belajar pada quran dan hadist..ada ayat tuhan yg tak kan pernah salah..yaitu kehidupan dan alam semesta..agar anda semua mengerti apa bgmana dimana dan siapa tuhan yg sebenarny.

  65. Sairam. Om Bhagavan Shri Sathya Sai Babaya Namaha…Sai Baba bukanlah Dajaj….sebab semua ciri-ciri Dajal tidak ditemukan dalam diri dan kehidupan Sai Baba. Ajaran Sai Baba salah satunya adalah UNITY IN DIVERSITY (kesatuan dalam keragaman), sebab akhir-akhir ini umat manusia telah terpecah belah (baik dalam satu agama, satu suku, terlebih dalam berbeda agama, suku, dll). Inti ajaran beliau adalah KASIH. Wujud dari ajaran beliau sudah banyak,misalnya rumah sakit super spesialis, universitas, sekolah, proyek air minum, airport, dll yang semuanya GRATIS. Sebab Beliau datang untuk mengajarkan bagaimana melakukan pelayanan kepada umat manusia (bukan umat Hindu semata lho). Semboyan Beliau adalah Love All, Serve All; Manawa seva is Madawa seva (pelayanan kepada Manusia adalah pelayanan kepada Tuhan). Sungguh indah dan mulia ajaran Beliau. Berjuta-juta orang telah diselamatkan (jasmani dan rohani) oleh Sai Baba. Banyak bukti bahwa Sai Baba adalah seorang Awatar (perwujudan Ilahi), misalnya kelahiran Beliau BUKAN karena PEMBUAHAN tetapi KEDATANGAN, yaitu seberkas sinar suci dari langit yang langsung masuk tubuh Ibu Aeswaramba. Dan terlalu banyak tindakan Ilahi Beliau yang tidak mungkin diceritakan disini.Mudah2n sobat-sobat terkasih mendapat gambaran awal tentang Sai Baba agar tidak SALAH dalam memberi pendapat, agar tidak menjadi FITNAH yang akhirnya membuat para sobat terkasih masuk neraka. Mudah2n tidak ada dusta diantara kita. Sairam

    Samastha Lokha Sukhino Bhavantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s