Imam Abu Daud

Imam Abu Daud

Oleh : Arif Rahman Shiddiq

Namanya

Ada beberapa persi yang mengatakan Nama Imam Abu daud diantaranya:

Al- Hafid Ibnu katsir menyesebutkan : Sulaiman bin al-Asy’ats bin Ishaq bin Basyir bin Sadad bin Yahya Ibnu Imron Abu daud as-Sajastani.1

Al-Hafid Jalaludien as-Suyuti menyebutkan : Sulaiman bin al-Asy’ats bin basyir bin sadad bin amru bin Imron al-azadi as-Sajastani.2

Sedangkan ada lagi yang menyebutkan dalam Buku khusus yang menceritakan sejarah Imam Abu daud disana disebutkan : Imam Atsabat (orang yang adil dan dlobit) Abu daud Sulaiman ibnu Al-Asy’ats bin Ishaq bin Basyir bin Sadad bin amru al-Azadi as-Sijistani. Ada juga yang mengatakan Sulaiman bin Asy’ats bin sadad bin amru bin ‘Amir.3

Ibnu hajar Al-atsqolani menyebutkan bahwasannya Kakeknya Imron terbunuh bersama Ali bin abi Thalib didalam perang Shipin.4

Al-Azadi adalah nisbat kepada Azad yaitu qabilah terkenal (mashur) yang ada di Yaman.5

Adapun as-Sijistani disini para ulama berbeda pendapat diantaranya:

· Ibnu Khillikan menyebutkan bahwasannya as-Sijistaniyun dinisbatkan kepada Sijistan yaitu suatu daerah atau Propinsi yang sudah mashur. Ada juga yang berkata as-sijistaniyun dinisbatkan pada sijistan atau sijistanah yaitu suatu kampng yang ada di Busroh.

· Akan tetapi Shihabudin al-hamawi meriwaatkan dari muhammad bin abi nasr bahwasannya dia tidak mengenal di Busrah ada sebuah kampungyang dinamai as-Sijistan. Tapi ada juga sebagian yanglain yang mengatakan bahwasannya di dekat daerah Ahwaz ( 7 daerah atau kota kecil terkenal yang ada diantara Busrah dan Faris, yangmasingmasingkota tersebut mempunyai nama) ada kampung yang dinamai dengan Sijistan yang terkenal itu.6

· As-sam’ani menyebutkan bahwa as-sijistan dinisbatkan pada sijistan yaitu salah suatu daerah yang terkenal yang ada di kabul

· Abul aziz menyebutkan bahwasannya sijistan dinisbatkan pada “Sistan” yaitu suatu daerah terkenal yang sekarang ada di Negri Afganistan.7

Kelahirannya

Imam abu daud hidup pada qurun ke tiga hijrah dimana dia dilahirkan pada tahun 202 H tidak ada yang menyebutkan tanggal hari dan bulannya.8

Dia tingal di busrah pada masa pemerintahan Abasiyah dimana pada waktu itu sedang berkembang pesat Ulumul Islamiyah seperti Ulumul Qur’an, Tafsir dan juga Ulumul Hadits. Bahkan pada saat itu banyak bermunculan pengarang dan yang menyusun buku Sirah Nabawi, Tarikh dan lainsebagainya.

Imam Abu Daud hidup pada masa Para Muhadits diantaranya seperti Ahmad bin Hambal, Yahya bin Ma’in, Bukhori, Muslim dan lain sebagainya.9

Imam abu daud adalah salah satu imam hadits yang sering keluar berkeliling ke negri Islam yang mana disana terdapat para syekh yang mengajarkan tentang hadits diantaranya ke Negri syam, Mesir, Iraq, Kharsan, aljazair dan lain sebaginya. Bahkan dia tidak hanya sekali datang mengunjungi kota Bagdad bahkan ada yangmengatakan bahwa kitab As-Sunan nya pun di susun disana.10

Guru-gurunya

Iman abu daud adala salah satu Iman yang seringberkeliling mencari hadits ke negri Islam yang mana disana terdapat para Kibar Muhadits, bahkan beliau menconto kepada syekh-syekhnya yang mana mereka adalah orang-orangyangtsiqat dan Amanah.

Al-Hafid Ibnu hajar al-Asqolani menyebutkan : Syekh Imam abu daud dalam kitab as-Sunan dan yanglainnya ada sekitar 300 orang, diantaranya :

  1. Ahmad bin Muhammmad bin Hanbal as-syaibani al-bagdadi lahir pada tahun164 H dan wafat pada tahun 241 H
  2. Yahya bin Ma’in Abu Zakariya meninggal di madinah pada tahun 233 H
  3. Ishaq bin Rohawiyyah abu ya’kub al-Handoli lahir pada tahun 161 H dan wafat pada pertengahan sya’ban tahun 238 H
  4. Utsman bin Muhammad bin abi syaibah abu al-hasan al-abasi al-kufi meninggal pada tahun 239 H
  5. Muslim bin Ibrahiem al-Azdi meningal pada tahun 222 H
  6. Abdullah bin maslamah bin qo’nab al-qo’nabi al-harits al-madani meninggal di makkah pada tahun 221 H
  7. Musaddad bin Musarhad ibnu Musarbal wafat pada tahun 228
  8. Musa bin Ismail at-Tamimi wafat pada tahun 223 H
  9. Muhammad bin Basar wafat pada tahun 252 H
  10. Zuher bin harbi wafat pada tahun 234 H
  11. Umar bin Khotob as-sijistani wafat pada tahun 264 H
  12. Abu Utsman ( Amru naqid bin muhammad bin bakir wafat pada tahun 222 H
  13. As-soleh abu sirri (Hannad bin sirri) wafat pada tahun 243 H
  14. dan lain sebagainya11

Muridnya

Banyak sekali murid Imam Abu Daud yang mungkin tidak bisa di sebutkan semuanya hanya mungkin saja kita bisa menggambil dua atu tiga diantara murid imam abu daud sebagaimana di sebutkan oleh adzahabi bahwasannya Imam Atirmidzi dan an-Nasai adalah diantara murid Imam Abu Daud

Ibnu atsir menyebutkan juga diantara murid Imam abu daud adalah anaknya sendiri yaitu Abu bakar abdullah, Abu Abdurahman an-nasai dan abu bakar ahmad bin Salman an-Najad dia adalah diantara orang orang yang terakhir meriwayatkan hadits dari abu daud12

Pekataan para Ulama

Abu Hatim berkata : Abu daud adalah seorang Imam yang Faqih, Alim, Hufad Wara rajin beribadah dan Itqan.13

Abu Musa berkata : Abu daud hanya mempelajari Ilmu Fiqh kepada Imam Ahmad bin Hanbal. Bahkan ada sebagian ulama yang yang berkata bahwa Imam abu Daud menyerupai (seperti) Imam Ahmad bin hanbal didalam prilaku ketenangan dan baik tingkah lakunya.14

Dikatakan : Keadaan Ibnu ma’ud menyerupai nabi didalam prilaku , ketenangan dan baik ahlaknya, dan Ilqimah menyerupai Ibnu mas’ud, dan Ibrahiem menyerupai Ilqimah, dan Mansur menyerupai Ibrahiem, dan Sufyan menyerupai Mansur, dan Waki’ menyerupai Sufyan dan Ahmad menyeupai Ahmad bin Hanbal dan Abu daud menyerupai Ahmad bin Hanbal.15

Musa bin Harun berkata : Abu daud diciptakan di dunia untuk Hadits dan di Akhirat untuk masuk Surga, aku belum pernah melihat orang sehebat dia.16

Imam An nawawi berkata: para ulama sepakat atas pujiannya terhadap Imam Abu Daud dengan sifat-sifatnya sebagai Hufadz yang sempurna,ilmunya yang luas,wara’,paham,cerdas,dan bijaksana dalam meriwayatkan hadits dan yang lainnya.17

Abu Abdulloh Bin Manduh berkata: Orang-orang yang mengeluarkan hadits dan yang memisah-misahkan antara hadits yang tsabit dengan yang ma’lul kemudian yang salah dengan yang benar adalah empat yaitu:Bukhori,Muslim kemudian setelah kedua Imam tersebut baru Imam Abu Daud dan Nasai.18

Mazdhab fiqihnya

Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan madzhab Imam Abu Daud ada yang menyebutkan bahwa dia bermazdhab Hanbali ada juga yang menyebutkan Asy syfiie.

Syeh Abu Ishaq Asy syairozi19 didalam bukunya “Thobaqot Alfuqoha”menyebutkan bahwa Abu Daud adalah Hanabilah begitu juga Al qodli Ibnu Abi Ya’la dalam bukunya “Thobaqot Al Hanabilah”.Akan tetapi sayyid Shiddiq Hassan menybutkan dalam kitabnya “Abjadu Al ulum” Bukhori,Abu Daud dan Nasai adalah syafiiyyah.20

Musthofa Bin Abdulloh dalam bukunya “Kasyfu Ad-dunun” menyebutkan Abu Daud dalam madzhabnya: Bahwa hadits dloif lebih kuat daripada pendapat orang,dan ini adalah perkataan para ulama diantaranya Ahmad Bin Hanbal oleh sebab itu Abu Daud begitu juga Tirmidzi menyerupai atau sama dengan Imam Ahmad Bin Hambal yaitu sebagai mujtahid mutlaq .21

Syeikh Ibnu Qoyyim dalam “’ilam almuwaqi’in” menyebtkan Bukhori,Muslim dan Abu Daud adalah Hanbaliyyah begitu juga Ibnu Abi ya’la dalam bukunya “Thobaqot Al hanabilah”.Akan tetapi Taj As subki tidak menyebutkan dalam bukunya “Tobaqot As syafi’iyyah” kecuali Bukhori,Abu Daud dan An nasai.22

Syeikh Muhammad Zakariya berkata sesungguhnya para ulama berbeda pendapat dalam masalah Imam-imam hadits, sebagian mengatakan semuanya dari golongan dari mujtahidin dan sebagian lainnya mengatakan dari muqolidin adapun saya cenderung bahwasanya Imam Abu Daud adalah Hanabillah seperti At tohawi adalah Hanafiyyah.23

Wafatnya Imam Abu daud

Imam abu daud meninggal di Busrah pada hari Jum’at tanggal 16 sawal tahun 275 H dan dikuburkan di pinggir makam Sufyan atsauri24

Anaknya

Imam abu daud meninggalkan anak yang bernama Abdullah dan dia termasuk muridnya Imam abu daud dimana dia yaitu Abu bakar Abdullah bin abi Daud menjadi hufad kabir. Dilahirkan pada tahun 230 H dan meninggal pada tahun 316 H.25

Sunan Abi Daud

Kebanyakan rata-rata penyusun kitab Hadits didalamnya terdapat kitab kitab dan Bab diantaranya terdiri dari Ahkam, fadloilul ‘amal, Kisah- kisah, Nasihat, adab dan tafsir dan lain sebagainya. Sehingga datang Imam abu daud dan menyusun kitab “as-Sunan” disusun secara khusus tentang hadits Ahkam wal Istiqsa.

Dan perlu diketahui juga bahwasannya dalam kitab as-sunan terdapat istilah istilah khusus seperti Alkatani berkata : Dan bahwasanya istilah istilah tersebut ada dalam kitab yang tersusun menurut bab-bab masalah Fiqih mulai dari bab toharah, Sholat zakat…. tidak terdapat sedikitpun didalamnya yang Maoquf, karena maoquf tidak dikatakan sebagai sunah akan tetapi dinamakan hadits. 26

Dari sana jelas sudah kenapa abu daud menamai “as-Sunan” sebagaimana dalam risalahnya yang ditujukan untuk ahli Makah, Abu Daud berkata : Sesungguhnya aku tidak menyusun dalam kitab asunnah ini kecuali kitab Ahkam saja, dan aku tidak menulis kitab Zuhud, Fadloilul ‘amal dan lain sebagainya.27

Abu daud menyusun kitab as-sunahnya menurut bab Fiqih dan maodlu- maodlu sar’iyyah yang dimulai dari kitab toharah dan begitu selanjutnya sampai akhir tergantung pada susunan maodlu sar’iyyah.

Diantara syarat-syarat imam Abu daud dalam kitab as-Sunan :

· Apabila shohih Haditsnya, bersambung sanadnya tidak atau bukan hadits maqtu dan juga bukan hadits Mursal.

· Abu daud berkata dalam Risalahnya : dan tidak terdapat dalam kitab as-sunnan yang menyusunnya dari orang yang matruk hadits, apabila terdapat hadits munkar maka dijelaskan bahwa hadits itu Munkar.

· Adzahabi berkata : bahwasannya dalam kitab as-sunnan dijelaskan hadits yang jelas dloif, dan diam pada hadits yang dloif muhtamal, dan kalau diam dan berarti itu adalah tidak baik menurutnya.28

Kedudukan kitab as-sunan diantara kutub as-sittah

Syekh muhammad zakariya menyebutkan : bahwasannya kitab Shahih bukhari adalah yang paling tinggi derajatnya dalam kesohihannya dan yang lainnya menurut jumhur ulama, kemudian sohih muslim kemudian baru sunan imam Abu Daud.29

Lama Pembuatan (penyusunan) Kitab as-Sunan Abu daud

Tidak diketahui dan didapatkan berapa lama mudah pembuatan kitab asunan tersebut, akan tetapi ketika menyusun kitab ini Imam Abu Daud memperlihatkan nya kepada Imam Ahmad bin Hanbal, kemudian diperbaharui dan di perbagusinya. Ini menunjukan bahwasannya pembuatan kitab as-Sunan sebelum tahun 241 H, karena itu adalah tahun kematian Imam Ahmad bin Hanbal.30

Jumlah Riwayatnya

Imam Abu Daud berkata dalam Risalahnya : Aku menulis dari Rosulullah saw sebanyak 500 ribu hadits, dan termasuk yang ada dalam kitab saya yang dikumpulkan sebanyak 4800 Hadits.

Dan dibagi bagi kepada kitab kitab yang di setiap kitab ada bab-bab nya, diantaranya dibagi kepada 35 Kitab dimana ada 3 kitab yang tidak ada bab nya, dan ada 1871 bab yang ada dalam kitab as-sunan. 31

Khoso’is kitab as-Sunan diantarnaya :

· Perkataan suyuti bahwasannya abu daud hanya membatasi didalmnya pada hadits Ahkam saja tidak ada yang lainnya.

· Bahwasannya imam abu daud mengumpulkan sanad-sanad pada satu sanad, kemudian memisahkan lapadznya satu persatu.

· Imam abu daud menyatukan hadits yang riwayatnya bertentangan dengan penjelasan nya seperti dalam bab yang melarang buang air menghadap ke kiblat disatukan dengan bab yang membolehkan sebagai ruhsoh.

· Apabila terdapat dua atau tiga hadits dalam sau bab, beliau suka menambahkannya satu kata atau beberapa kalimat.

· Bahwasannya Imam Abu Daud meringkas Hadits yang panjang. 32

Diantara Karya- karyanya :

1. Al-marosil dicetak di kairo tahun 1310 H

2. Rod ala Qodariyah

3. Nasikh wal Mansukh

4. Masail al-Imam Ahmad

5. Kitab Zuhud

6. Asilah li Ahmad bin hanbal ani ruwat wa tsiqat wadu’afa

7. Kitab al-ba’ats wa an-Nusyur

8. Dalail an-Nubuwah

9. dan masih banyak lagi


1 Bidayah wa nihayah 11/55 dar al-manarr 2001 M

2 Taribu ar-Rawie 2/885 dartaiba 1422 H

3 ‘Alamu al-Muslimin Abu daud karangan Taqiyudien an-Nadwie hal 21

4 tahdzibu tahdzib 4/169

5 ibid

6 lisanul arab 15/158

7 ibid hal. 22-23

8 ibid

9 ibid hal 15-17

10 ibid hal 22-23

11 ibid hal 25-27 / aonul ma’bud 1/9-10 dar al-fikr 1995 M

12 ibid hal 28-29

13 ibid hal 30

14 ibid

15 bidayah wa nihayah 11/56

16 tobaqot as-safi’iyyah 2/295 atau tahdzibu tahdzib 4/172

17 tahdzibul asma wa lughat 2/225

18 tahdzibu tahdzib 4/472

19 ibrahiem bin ali bin yusuf abu ishaq as-syaerozi meninggal tahun 476 H

20 abjad al-ulum hal 810

21 kasfu adunun 2/299

22 I’lam al-muwaqi’in 1/226

23 ‘Alam al muslimin abu daud hal 41

24 tadrib ar-Rawie 2/885

25 ibid hal 42

26 ibid hal 52

27 risalah abi daud hal 34

28 ibid hal 59-60

29 ibid hal 61

30 ibid hal 66

31 ibid hal 67

32 ibid hal 69-71

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s