Al-Imam Ibnu Majah

Al-Imâm Ibnu Mâjah*

Oleh Muhammad Ridhwan Abdur Rasyid**

Muqaddimah

Kejayaan ummat islam terletak pada ke-iltizâm-an mereka dalam berpegang kepada dua landasan kehidupan yang Allah telah tentukan yaitu al-Qurân dan as-Sunnah. Merupakan kewajiban seorang muslim untuk membaca atau mempelajari dua sumber undang-undang tersebut kemudian memahaminya, meng’amalkannya dan menda’wahkannya serta membela kebenarannya walaupun harus mengorbankan apa saja yang dimiliki, demi ihyâ’ al-Kitâb wa as-Sunnah dibumi Allah ini.

Sejarah telah membuktikan ke-juhûd-an yang tinggi dari as-Salaf ash-shâlih dalam menjaga keduanya. Setelah al-Quran berhasil di-mushhaf-kan seperti kita lihat dan baca saat ini dan terjaga dengan baik sebagaimana janji Allah dalam kitab-Nya1, as-Salaf ash-shâlih mengalihkan juhûd mereka kepada pemeliharaan keberadaan as-Sunnah. Dan salah satu diantara mereka yang sudah dicatat oleh tinta emas sejarah dan insya Allah akan kita kaji pada saat ini adalah al-Imâm al-Kabîr al-Muhaddits al-Hâfizh Ibnu Mâjah. Kita bermohon kepada Allah, agar Allah membukakan mata hati kita untuk dalam mengambilkan pelajaran dari kajian ini yang ujungnya kita mau untuk ber’amal demi kepentingan al-Islâm, semoga Allah dan Rasul-Nya serta Mu’minûn menyaksikan ‘amal kita ini, sebagaimana janji-Nya2 amîn…

Nasab Ibnu Mâjah dan kelahirannya

Beliau adalah: al-Hâfizh al-Kabîr al-Hujjah al-Mufassir Abu ‘Abdullâh Muhammad bin Yazîd bin Mâjah al-Qazwînî3. Sedangkan Ibnu Mâjah adalah laqab bapaknya (Yazîd). Bukan nama kakek beliau.

Berkata Ibnu Khalkân, adz-Dzahabî dan Ibnu Katsîr juga ad-Dâwudî serta Ibnu al-‘Ammâd al-Hanbalî bahwa: “dilahirkan Ibnu Mâjah pada tahun 209 H”. Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa beliau dilahirkan pada tahun 207 H. Pendapat yang râjih adalah pendapat pertama4. pendapat ini kuat, karena nyata bahwa beliau meninggal pada tahun 273H. Sedangkan ketika itu beliau berusia 64 Tahun5. Tidak ada perselisihan atau keraguan pada permasalahan wafatnya beliau. Sedangkan nisbahnya kepada Qazwîn adalah nisbah kepada salah satu kota yang terkenal di ‘Irâq. Dari hal ini kita dapat mengetahui bahwa beliau termasuk as-Salaf ash-shâlih yang telah ikut berandil besar dalam menjaga as-Sunnah an-Nabawiyah asy-Syarîfah.

Perjalanan Ibnu Mâjah dalam menuntut ‘ilmu

Satu hal yang sangat mena’jubkan dari ‘ulama terdahulu adalah perjalanan mereka dalam menuntut ‘ilmu. Kebanyakkan dari mereka mengorbankan biaya dan waktu yang sangat banyak dalam menuntut ‘ilmu. Adanya pengorbanan harta dan Mushâbarah dalam menuntut ‘ilmu serta menjaga aturan-aturan dîn al-Islam telah menjadikan mereka para ‘âlim yang selalu dikenang sejarah dan dido’akan oleh generasi setelah mereka. Semoga kita juga dapat ikhlâsh dalam mengorbankan harta kita dalam menuntut ‘ilmu ini serta selalu shabar didalamnya serta kita menjaga aturan-aturan islam. Mudah-mudahan Allah memberikan ‘ilmu yang bermanfa’at pada kita yang dengan ‘ilmu tersebut kita selamat didunia yang fana ini serta diakhirat yang baqa’ nanti amîn.

Adapun Imâm Ibnu Mâjah didalam perjalanan beliau didalam mencari ‘ilmu beliau dikenal telah melewati perjalanan kebeberapa tempat diantaranya; ‘Iraq, al-Bashrah, al-Kûfah, Makkah, Syam dan Mesir.

Al-Imam Ibnu Mâjah merasakan kesulitan dalam mendapatkan ilmu dan sulitnya perjalanan kepada tempat akan diperolehnya ‘ilmu. Namun beliau tetap melakukan semata-mata mencari mardhâtillâh dan untuk khidmah kepada as-Sunnah an-Nabawiyah asy-Syarîfah. Juga beliau berusaha dengan sebaik-baiknya untuk dapat menghafal apa yang beliau telah dapatkan serta menjaga apa yang telah beliau dapatkan serta menjauhi lupa dari apa yang telah beliau dapatkan6. Satu catatan penting yang terkadang terlupakan oleh generasi akhir ini yaitu menghafal apa yang telah diperdapat.

Para guru dan murid Ibnu Mâjah

Sebagaimana diketahui bahwa ‘ulama salaf begitu haus pada ‘ilmu dan mempelajari ‘ilmu pada sekian banyak guru, maka demikian juga halnya dengan Ibnu Mâjah. Beliau mencari dan mendalami ‘ilmu dari guru yang sangat banyak. Diantara guru beliau adalah;

1. ‘Ali bin Muhammad ath-thanâfisî

2. Mush’ab bin ‘Abdullah az-Zubair

3. Suwaid bin Sa’îd

4. Abdullâh bin Muawiyah al-Jumahî

5. Muhammad bin Ramh

6. Ibrahîm bin Mundzir al-Hizâmî7

Sedangkan jika kita rinci, maka kita akan mendapati para guru beliau berdasarkan negeri yang beliau kunjungi dalam mencari ‘ilmu adalah sebagai berikut:

1. Mesir

a. Harmalah Yahyâ

b. Abu ath-Thâhir bin as-Sarh

c. Muhammad bin al-Hârits

d. Yunûs bin abd al-A’lâ dll8

2. Damaskus

a. Hisyâm bin ‘Ammâr

b. ‘Abbas bin al-Walîd

c. al-Khilâl dll9

3. Iraq

a. Abu Bakar bin abî Syaibah

b. Isma’îl bin Mûsâ al-Fazârî dll10

Ini hanyalah sebagian dari sekian banyak guru-guru beliau dalam mempelajari islam dan beberapa guru beliau dalam mendengarkan al-Ahâdits dari mereka.

Sedangkan murid-murid beliau sangat banyak. Karena keluasan ‘ilmu beliau sangat banyak para thalib al-‘Ilm pada masa beliau mengambil ‘ilmu dari beliau. Diantara mereka adalah;

1. Muhammad bin ‘Isâ al-Abharî

2. Abu Thayyib Ahmad al-Baghdâdî

3. Sulaiman bin Yazîd 11

4. ‘Ali bin Ibrâhîm 13al-Qaththân

5. Ishaq bin Muhammad

6. Muhammad bin ‘Isâ ash-Shiffâr

7. ‘Ali bin Sa’îd al-‘Askarî dll12

8. Ibnu Sibawaih

9. Wajdî Ahmad bin Ibrâhîm13

Demikian sekilas dari para guru dan murid dari Ibnu Mâjah. Mereka telah menoreskan tulisan indah dalam sejarah kejayaan islam. Semoga Allah menerima ‘amal mereka dan kita semua Amîn

Perkataan ‘ulama terhadap Ibnu Mâjah

Berkata adz-Dzahabî: “Ibnu Mâjah adalah seorang hâfizh yang besar, Nâqid, Shâdiq, luas ilmunya…”14

Berkata Abu Ya’lâ al-Khalîlî : “ Dia adalah seorang tsiqah yang besar yang disepakati atasnya dan dipakai hujjah. Dia mempunyai pengetahuan tentang hadits dan menghafalnya. Dia menulis sunan dan tafsîr serta tarîkh. Dan ia ‘arif tentang hal ini”15

Berkata Ibnu Katsîr: “ Muhammad bin Yazîd bin Mâjah adalah shâhib kitab as-Sunnah al-Masyhurah. Ini menunjukkan pada ‘amalnya dan ‘ilmunya serta keluasannya pengetahuannya juga tela’ahnya serta ittibâ’nya terhadap as-Sunnah pada ushûl dan furû’”16

Sedangkan al-Hâfizh al-Khazrazî mengatakan: “dia adalah seorang al-Hâfizh salah seorang dari al-aimmah dan shâhib sunan, tafsîr dan tarîkh serta melakukan perjalanan yang luas (jauh)”17

Rasanya sangat banyak pujian yang akan kita tuliskan pada lembaran ini melihat keluasan ‘ilmu beliau. Hafalnya beliau terhadap banyak hadîts. Kemudian beliau mengarang tentang tafsîr dan tarîkh. Seorang yang tsiqah yaitu penggabungan antara ‘adil dan dhâbith. Semoga kita dapat meniru beliau, kalaupun tidak lebih dari beliau atau sama, minimal kita berusaha dengan ikhlash menuju kearah yang lebih baik pada masa mendatang dalam mempejari ulûm ad-Dîn ini.

Karangan-karangan Ibnu Mâjah

Sejarah telah mencatat, bahwa Ibnu Mâjah telah menghabiskan hidup beliau dalam mencari dan mempelajari serta mengajarkan ‘ilmu. Dan beliau telah menyusun beberapa karangan untuk dijadikan salah satu sumber ‘ilmu bagi generasi setelah beliau. Adapun diantaranya yang masyhur adalah:

1. Kitab as-Sunan yang masyhur dan kitab ini adalah salah satu dari al-Kutub as-Sittah al-Masyhûrah

  1. Tafsîr al-Qurân al-Karîm
  2. Kitab at-Tarîkh yang berisi sejarah mulai dari masa ash-Shahâbah sampai kemasa beliau.18

Sedangkan yang masih ada sampai saat ini dari ketiga karangan beliau adalah kitab sunan yang beliau karang saja19. Walaupun hanya satu karangan beliau yang sampai ketangan kita pada hari ini, nama beliau tetap mengharumkan dan menambah jumlah para pembela sunnah Rasulullah.

Kitab “as-Sunan”

Kalau kita menginginkan perincian dari manhaj atau metodologi Imam Ibnu Mâjah dalam pengambilan hadits, maka kita tidak akan menemukan keterangan manhaj beliau yang serinci Imam al-Bukharî atau Imam Muslim. Kita hanya akan melihat manhaj beliau yang bisa disimpulkan dari kitab as-Sunan yang beliau karang. Dari memperhatikan kitab ini kita akan mengetahui bagaimana manhaj beliau didalam mengumpulkan dan menulis al-Hadîts. Berangkat dari hal ini kita akan melihat secara rinci hal-hal yang berhubungan dengan kita sunan Ibnu Mâjah ini.

Sunan Ibnu Mâjah

Sunan ini adalah kitab yang membawa Ibnu Mâjah kepada kemasyhuran. Didalamnya ditemui bagaimana kebagusan susunan beliau didalam mengelompokkan al-Ahâdîts. Beliau menggelompokkan dari kitab kemudian bab. Sebagaimana hal ini telah ditempuh oleh al-Kutub al-Khamsah sebelumnya. Dan beliau memulai dari bab “ittibâ’ sunnah rasulillah shallallahu ‘alaihi wassalam”. Disetiap kitab dan bab beliau menulis hadits-hadits yang berkenaan dengan permasalahan tersebut. Dan kata lain beliau menuliskan hadits-hadits berdasarkan urutan fiqh20.

Didalam kitab ini Ibnu Mâjah juga menerima hadîts dari rijâl yang dituduh berdusta dan mencuri hadîts.21 Karena itu ada perselisihan ‘ulama didalam menempatkan kedudukan sunan beliau ini, insya Allah akan kita kaji secara rinci. Adapun kerincian dari sanad hadits yang beliau tulis dalam sunan ini adalah sebagai berikut:

4341 hadîts : Jumlah hadîts

3002 hadîts : Jumlah hadîts yang dikeluarkan oleh Ashhâb al-Kutub al-Khamsah

1339 hadîts : Jumlah hadîts selain dikeluarkan oleh Ashhâb al-Kutub al-Khamsah

Dari hadîts-hadîts selain yang diriwayatkan oleh Ashhâb al-Kutub al-Khamsah memiliki keberadaan sebagai berikut:

428 hadîts : Dirawikan oleh Rijâl Tsiqât Shahîh al-Isnâd

199 hadîts : Hasan al-Isnâd

613 hadîts : Dha’îfah al-Isnâd

099 hadîts : Wâhiyah al-Isnâd (Munkarah atau Makdzûbah)22

Sedangkan jumlah kitabnya adalah 32 kitâb, 500 bab23. Dengan catatan pada beberapa bab sebagai berikut: 1.Mendahulukan Ash-Shiyâm daripada Az-Zakâh.

2.Meletakkan al-Hajj jauh daripada al-‘Ibâdât dengan

meletakannya setelah bab jihâd 24

Dari beberapa hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa keutamaan kitab ini dari yang lain adalah adalah baiknya pencocokan (dalam mencocokan hadîts dengan babnya) dan luasnya penggumpulan serta indahnya susunan. akan tetapi memang harus diketahui dan dijaga bahwa dalam kitab ini dimasukkan hadits as-Shahîh, adh-Dhaîf bahkan al-Munkar juga al-Maudhû’25

Mungkin akan timbul banyak pertanyaan dari permasalahan memasukkan hadîts yang dhaîf bahkan munkar dan maudhû’, Seperti:

  1. Apakah mereka (pertanyaan untuk umum termasuk untuk sunan Ibnu Mâjah) tidak tahu bahwa hadîts itu munkar atau maudhû’?
  2. Kalau mereka tahu kenapa mereka memasukkannya memasukkannya?
  3. Kalau mereka tahu kenapa mereka tidak membuang atau menghapuskannya dari kitab mereka?
  4. dll.

Pertanyaan seperti ini harus kita perhatikan dan harus dijawab dengan baik. Sebagai thâlib al-‘Îlm, harus dipelajari kalau kita belum mengetahuinya dan harus disampaikan kepada yang lain yang belum mengetahuinya agar tidak salah paham dalam memandang kitab-kitab hadits yang ada didalamnya hadits yang dhaif bahkan munkar juga maudhû’. Adapun jawabannya pernah dijelaskan oleh DR Muhammad Mushthafâ Muhammad Sâlim didalam sebuah kitabnya walaupun ini jawaban ini bukan khusus untuk Ibnu Mâjah saja. Adapun diantara jawabannya adalah sebagai berikut:

1. Permasalahan tahu atau tidak tahunya mereka (termasuk Ibnu Mâjah), jawabannya adalah mereka tahu. Hal ini karena keluasan ‘ilmu mereka dan pengetahuan mereka terhadap keadaan rawi-rawi dan lain.26

2. Permasalahan kalau mereka tahu kenapa mereka tetap memasukkan kedalam kitab mereka, maka jawabannya adalah karena berbagai sebab diantaranya salah satu dibawah ini:

a. Karena mereka menyusun kitab dan mengumpulkan bahan-bahannya. Selanjutnya ingin mengoreksikan dan membersihkannya dari hal-hal diatas (maudhû’ dll). Akan tetapi mereka meninggal sebelum hal itu terlaksana atau ada sebab lain seperti sakit yang sangat parah dll.

b. Karena mereka ingin memberi peringatan bahwa hadîts itu adalah maudhû’ dan agar ummat berhati-hati terhadapnya serta tahdzir terhadap bahaya melaksanakannya.

c. Adakalanya mereka tidak ingin menjelaskan kedudukannya dikarenakan keadaan hal ini sudah diketahui oleh orang-orang dimasa mereka tanpa perlu penjelasan. Tentunya hal ini disebabkan oleh pada saat itu mereka adalah aset ‘ilmu-‘ilmu serta adanya tanâfus pada riwayah dan mujâlasah al-‘Ulamâ’

d. Adakalanya mereka juga tidak menjelaskan adalah agar para murid-murid mencari sanad lain yang lebih kuat. Sehingga hadits yang lemah bisa menjadi lebih kuat atau terangkat derajatnya.

Inilah diantara sebab kenapa mereka tetap memuat hadîts dhaîf termasuk munkar dan maudhû’ dalam kitab mereka27

3. Permasalahan kalau dia maudhû’ kenapa tidak dibuang atau dihapus dari kitab? Jawabannya adalah: agar hal ini senantiasa dikenal oleh ummah sampai hari kiamat dan menjadi peringatan serta perhatian dari ummah. Juga agar ‘ulama selalu tampil dalam meneliti kedudukan isnad pada suatu hadîts. Juga sebab lain adalah karena adanya perselisihan ‘ulama pada sifah al-Qabûl dan hukum pada ar-Râwî. Seandainya ‘ulama mengizinkan untuk menghapus suatu hadîts dengan seenaknya, maka akan menghapus setiap orang yang ingin menghapus dari suatu hadits karena beliau memandangannya hadits tersebut dhaîf atau munkar padahal tidak demikian kedudukannya menurut yang lain28. Allâhu A’lam

Kesimpulan Metodologi Ibnu Mâjah dalam Sunannya

Dari keterangan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa secara rinci metodologi Ibnu Mâjah pada sunannya adalah sebagai berikut:

a. Ibnu Mâjah menyusun sunannya berdasarkan kitab dan bab. Dan pengaturannya dilaksanakan dengan sangat teliti, tersusun dan rapi serta universal. Sehingga sunan ini dikenal sebagai bentuk yang baik pada susunan karangan.

b. Keistimewaan letak-letaknya. Karena beliau menyusun dengan teliti serta penuh dengan kehatian-hatian sehingga mudah dipahami oleh yang membaca.

c. Ibnu Mâjah terkadang mengulang beberapa hadits pada bab yang sama dengan tujuan dan menjelaskan perbedaan dan mutasyâbih pada matan dan isnad

d. Dibanding kitab-kitab yang selainnya dari kitab yang enam, maka sunan beliau adalah yang paling banyak hadits dhaîfnya.

e. Ditemukan pada sunannya al-fawâid al-Fiqhiyah

f. Apabila seseorang memperhatikan dengan teliti sunan beliau maka akan terlihat bahwa beliau adalah seseorang yang menyusun dengan sebaik-baik susunan, teratur babnya dan sedikit hadîtsnya. Beliau meninggalkan menggulang hadîts.29

Kedudukan Sunan Ibnu Mâjah dalam kitab-kitab Hadits

Memang banyak pendapat tentang kedudukan sunan Ibnu Mâjah ini dalam kitab-kitab hadîts. Namun pendapat yang dipakai jumhur adalah bahwa kitab sunan Ibnu Mâjah ini pada urutan keenam setelah kutub al-I’immah al-Khamsah sebelumnya yaitu; al-Bukharî, Muslim, Abu dâwûd, at-Tirmidzi dan an-Nasâî.

Adapun yang pertama sekali menempatkan sunan Ibnu Mâjah ini pada urutan keenam dalam kitab-kitab hadits adalah al-Hâfizh Abu al-Fadhl Muhammad bin Thâhir al-Muqaddisî yang wafat pada tahun 507H. kemudian hal ini diikuti oleh al-Hâfizh ‘Abd al-Ghanî bin ‘Abd al-Wâhid al-Muqaddisî yang wafat tahun 600H.30

Adapun sebagaimana kita jelaskan diatas ada perbedaan pendapat ‘ulama pada mendudukan posisi Sunan Ibnu Mâjah ini pada susunan kutub as-Sunnah adalah sebagai berikut:

1. Sunan Ibnu Mâjah ini adalah pada urutan keenam pada kutub as-Sunnah. Ini adalah pendapat terbanyak dari al-Muhadditsin.

2. Sunan Ibnu Mâjah ini terletak setelah:

a. Al-Muwaththa’ atau

b. Sunan ad-Dârimî 31

Dari semua keterangan ini kita dapat melihat bahwa sekalipun diperselisihan, pendapat yang terbanyak mengatakan bahwa Sunan Ibnu Mâjah ini terletak pada urutan keenam dari kutub as-Sunnah. Maka akan kita temui isthilah-ishtilah sebagai berikut:

1. Kalau dimuthlaqkan lafazh “as-Sunan” maka yang dimaksud adalah Sunan Abu Daud, at-Tirmidzî, an-Nasâî dan Ibnu Mâjah.

2. Kalau dimuthlaqkan lafazh “ash-Shahah as-Sittah” maka yang dimaksud adalah ash-Shahîhain dan as-Sunan.

3. Kalau ada lafazh “ats-Tsalâtsah” atau “al-Arba’ah illâ ibn Mâjah” atau “3” yang dimaksud adalah as-Sunan kecuali Sunan Ibnu Mâjah.

4. kalau ada lafazh “al-Khamsah” maka yang dimaksud adalah ash-Shahîhain dan as-Sunan kecuali Sunan Ibnu Mâjah32

5. Terakhir dan terpenting, kalau ada lafazh “al-Aimmah as-Sittah” maka yang dimaksud adalah:

a. al-Bukharî, Muslim, Abu Daud, at-Tirmidzî, an-Nasâî dan Ibnu Mâjah33. atau

b. al-Bukharî, Muslim, Abu Daud, at-Tirmidzî, an-Nasâî dan Malik atau

c. al-Bukharî, Muslim, Abu Daud, at-Tirmidzî, an-Nasâî dan ad-Dârimî.

Namun untuk tetap kita catat, yang asal dalam permasalah ini adalah al-Bukharî, Muslim, Abu Daud, at-Tirmidzî, an-Nasâî dan Ibnu Mâjah. Hal ini disampaikan agar kita dapat melihat secara rinci kedudukan Sunan Ibnu Mâjah ini dalam kutub as-Sunnah.

Wafatnya Ibnu Mâjah

Setiap yang bernyawa pasti menemui kematian34. Demikianlah hal juga dengan Ibnu Mâjah. Setelah beliau menjalani kehidupan dunia yang penuh cobaan ini, beliau menghadap Rabb beliau setelah berbuat yang terbaik untuk ummah. Imam besar ini wafat pada hari senin dan dikuburkan pada hari selasa. 22 Ramadhan 273H. Pengurusan penguburan beliau dipimpin oleh saudara beliau Abu ‘Abdullâh dan anak beliau ‘Abdullâh bin Muhammad bin Yazîd semoga Allah merahmati mereka semua.35

Kenangan manis telah beliau tinggalkan. Memang manusia mati meninggalkan budi. Ini terus dicatat oleh kenyataan yang tidak akan dipungkiri kecuali oleh orang yang benci pada kebaikan itu sendiri. Sekarang tanyalah pada diri kita, kalau kita meninggal, apa yang telah kita persiapkan untuk besok36dan apa yang telah kita perbuat untuk islam pada hari? Allâhu A’lam bi Ash-Shawab. Taqabbal minâ ya Allah… Amîn


* sebuah dirâsah untuk mengambil pelajaran dari sejarah as-Salaf ash-shâlih dalam acara Bidang Ta’lim pada tanggal 04 Shafar 1423H bertepatan dengan 17 April 2002M di Sekretariat Fospi Cairo

**sifaqir pada ampunan Allah Swt yang sedang berusaha Tafaqquh fi ad-Dîn di al-Azhar Univ Fakultas Ushul ad-Dîn Jurusan al-Hadits Zaqaziq Egypt

1tadabburi firman Allah dalam surat al-hijir ayat 09 yangberbunyi:

2 tadabburi firman Allah dalam surat at-Taubah ayat 105 yang berbunyi:

3 siyar a’lâm an-Nubalâ’ hal 277

4 dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf hal 255

5 al-Bidâyah wa an-Nihâyah Ibnu Katsîr hal 61 Dar Ihyâu at-Turâts al-‘Arab

6 dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf hal 256 mengutip risâlah ad-Duktûrah Mahrûs Ridhwan

7 siyar a’lâm an-Nubalâ’ hal 278 jilid 13

8 dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf hal 257

9 ibid

10 ibid

11 siyar a’lâm an-Nubalâ’ hal 279 jilid 13

12 dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf hal 258

13 al-Bidâyah wa an-Nihâyah Ibnu Katsîr hal 57 maktabah al-Îman

14 siyar a’lâm an-Nubalâ’ hal 280 jilid 13

15 ibid

16 al-Bidâyah wa an-Nihâyah Ibnu Katsîr hal 57 maktabah al-Îman

17 dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf hal 260

18 al-‘Îqad ats-tsamîn fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Mahmûd Hilâl Hilâl Muhammad as-Sîsî

19 dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf hal 261

20 al-Hadîts wa al-Muhadditsîn au ‘inayah al-Ummah al-Islamiyah bi as-Sunnah an-Nabawiyah Muhammad Muhammad Abu Zahw hal 418

21 al-‘Îqad ats-tsamîn fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Mahmûd Hilâl Hilâl Muhammad as-Sîsî

22 lihat thuruq takhrîj hadîts Rasulullâh Saw DR Abu Muhammad Abdul Muhdî bin Abdul Qâdir bin Abdul Hâdî Penerbit Dar al-I’tishâm Cairo

23 dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf hal 257 dan lihat juga al-Hadîts wa al-Muhadditsîn au ‘inayah al-Ummah al-Islamiyah bi as-Sunnah an-Nabawiyah Muhammad Muhammad Abu Zahw hal 362

24 lihat thuruq takhrîj hadîts Rasulullâh Saw DR Abu Muhammad Abdul Muhdî bin Abdul Qâdir bin Abdul Hâdî Penerbit Dar al-I’tishâm Cairo

25 al-Khulasah fî ‘ilmi at-Takhrîj DR Muhammad Mushthafâ Muhammad Sâlim hal 10

26 ibid

27 ibid hal 11

29 al-‘Îqad ats-tsamîn fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Mahmûd Hilâl Hilâl Muhammad as-Sîsî hal 164

30 ibid

31 lihat dirâsat fî Manâhij al-Muhadditsîn DR Isma’il Abdul Wahîd Makhlûf kesimpulan hal 270-271

32 al-Khulasah fî ‘ilmi at-Takhrîj DR Muhammad Mushthafâ Muhammad Sâlim hal 16

33 ibid

34 tadabburi firman Allah dalam surat al-‘Ankabût ayat 57 yang berbunyi:

35 al-Bidâyah wa an-Nihâyah Ibnu Katsîr hal 57 maktabah al-Îman

36 tadabburi firman Allah dalam surat al-Hasyr ayat 18 yang berbunyi:

3 comments on “Al-Imam Ibnu Majah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s